Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Tempat Solo Traveling ala Marischka Prudence, ke Indonesia Timur

Kompas.com - 19/12/2023, 07:55 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan wisata sendiri atau solo traveling bukanlah hal yang baru bagi penyuka wisata.

Biasanya, solo traveling dipilih karena lebih fleksibel, sehingga wisatawan bisa mengubah rencana perjalanan sewaktu-waktu.

Travel Influencer Marischka Prudence mengatakan bahwa kegiatan wisata secara mandiri seperti solo traveling saat ini terasa lebih dimudahkan karena perkembangan teknologi.

Baca juga: 10 Kesalahan Umum Saat Solo Traveling yang Harus Kamu Hindari

Misalnya, wisatawan bisa dengan mudah bepergian ke suatu daerah karena bantuan teknologi Google Maps.

Selain itu, katanya, wisatawan kini dimudahkan dengan teknologi yang memungkinkan transaksi menggunakan metode nirkontak.

"Kalau dulu kita mau ke luar negeri usahanya banyak sekali, harus tukar uang dulu, sekarang sudah jauh lebih praktis. Terutama sistem pembayaran yang jauh lebih mudah," kata Marischka saat kegiatan gelar wicara "Contactless Talk: “Traveling Pascapandemi: Emang Boleh Sefleksibel itu?” di Jakarta Selatan, Senin (18/12/2023).

Travel Influencer Marischka Prudence dan Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman (paling kanan ke kiri) dalam acara Contactless Talk: Travelling Pascapandemi, Emang Boleh Se fleksibel itu?, di Jakarta Selatan, Senin (18/12/2023).Dokumentasi Visa Indonesia. Travel Influencer Marischka Prudence dan Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman (paling kanan ke kiri) dalam acara Contactless Talk: Travelling Pascapandemi, Emang Boleh Se fleksibel itu?, di Jakarta Selatan, Senin (18/12/2023).

Sebagai wisatawan yang senang melakukan solo traveling, Marischka menyarankan untuk mencoba mengunjungi bagian timur Indonesia karena keindahan alamnya.

Adapun beberapa destinasi yang dimaksud seperti Labuan Bajo, Sumba, Banda Neira, dan Flores.

"Aku merekomendasikan untuk mencoba (berwisata) ke Indonesia bagian timur, karena sangat aman, orang-orang di sana juga ramah dan baik," katanya.

Baca juga: 8 Cara Membuat Itinerary, Bisa buat Kamu yang Solo Traveling

Banda Neira, misalnya, baginya kaya akan sejarah, pesona alam, dan memiliki pilihan makanan yang menurutnya lezat.

Sayangnya, harga tiket pesawat menuju Indonesia bagian timur saat ini relatif mahal. Alhasil, wisatawan Indonesia cenderung membandingkan dengan penerbangan ke luar negeri.

Tetapi jika harga tiket pesawat bukan menjadi masalah saat solo traveling, katanya, berkunjung ke Indonesia bagian timur adalah pilihan yang tepat.

Apabila destinasi Indonesia bagian timur dirasa terlalu jauh, Marischka juga merekomendasikan untuk berwisata ke Yogyakarta dan Bali.

"Sesuaikan dengan bujet, tapi aku merekomendasikan ke Yogyakarta, Bali, dan Labuan Bajo, karena masih oke dari segi penerbangan," paparnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com