Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, 9,6 Juta Wisatawan Diprediksi Masuk Yogyakarta

Kompas.com - 19/12/2023, 15:41 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 9,6 juta wisatawan diperkirakan bakal memasuki wilayah Daerah istimewa Yogyakarta (DIY), sehubungan dengan libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru). 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, survei Kementerian Perhubungan menunjukkan akan ada 9,6 juta pergerakan wisatawan di DIY.

Baca juga: 8 Tempat Melihat Sunset di Yogyakarta Selain Pantai 

"Rentang waktu diperkirakan pada tanggal 23 Desember sampai Senin 1 Januari 2024 mendatang, rentang waktu ini memberikan kesempatan untuk melihat secara langsung melihat kesiapan lokasi wisata," kata Wahyu, Senin (18/12/2023).

Adapun menurutnya 80 persen dari 9,6 juta wisatawan tersebut akan ke Kota Yogyakarta.

"Kurang lebih 80 persen dari jumlah itu berkunjung ke Kota Yogyakarta," ucapnya.

Hari ini dia bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait melakukan kunjungan ke empat lokasi, antara lain Gembira Loka Zoo (GL Zoo), XT Square, salah satu hotel di Kota Yogyakarta, dan mal.

Baca juga:

XT Square sentra trhifting di Kota YogyakartaKOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO XT Square sentra trhifting di Kota Yogyakarta

"Kebetulan XT Square ada atraksi tambahan yakni pasar malam sampai tahun baru, kita melihat kesiapan pengelola bagaimana menerima kunjungan," ucap dia.

Pada libur Nataru kali ini, pihaknya tidak menargetkan jumlah kunjungan wisatawan lantaran target kunjungan sudah tercapai pada beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, pelayanan jasa pariwisata-lah yang menjadi fokus saat ini.

"Target kami 1,8 juta wisatawan sudah terlampaui sekarang sudah empat juta wisatawan (jumlah kunjungan)," ujar Wahyu.

Menurut dia, tempat wisata yang masih menjadi favorit wisatawan adalah Tugu Yogyakarta, Malioboro, dan Keraton Yogyakarta (Gumaton). 

"Gumaton masih jadi tempat favorit," ucap dia.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com