Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Melihat Sunset di Yogyakarta Selain Pantai 

Kompas.com - 18/12/2023, 20:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Melihat panorama matahari terbenam atau sunset merupakan salah satu aktivitas wisata di Yogyakarta. Ada beragam tempat melihat sunset di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. 

Tempat paling populer untuk melihat sunset di Yogyakarta adalah kawasan pantai. Namun, jangan khawatir ada alternatif tempat melihat sunset selain pantai yang menawarkan pemandangan tidak kalah eksotis. 

Baca juga:

Berikut rekomendasi tempat melihat sunset di Yogyakarta selain pantai yang menarik untuk dikunjungi. 

1. Keraton Ratu Boko 

Candi Ratu BokoShutterstock.com Candi Ratu Boko

Keraton Ratu Boko atau Taman Wisata Ratu Boko merupakan salah satu spot melihat sunset terindah di Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Raya Piyungan - Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 

Melansir dari situs Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, situs Ratu Boko bukan candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Ratu Boko disebut sebagai Keraton Ratu Boko. 

Nama Ratu Boko, lantaran menurut legenda, dulunya situs tersebut merupakan istana milik ayah Loro Jonggrang, yakni Ratu Boko. Diperkirakan, situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra. 

Sebagian besar bangunan situs berupa reruntuhan. Spot paling populer di Keraton Ratu Boko adalah gerbang utama yang menjadi tempat favorit melihat sunset

2. Candi Ijo 

Candi Ijo merupakan kompleks candi tertinggi di Yogyakarta.
pariwisata.slemankab.go.id Candi Ijo merupakan kompleks candi tertinggi di Yogyakarta.

Berada di ketinggian 395,48 mdpl, Candi Ijo menyajikan panorama sunset yang mempesona. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (8/5/2023), Candi Ijo merupakan situs peninggalan Kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abad ke-9 masehi. 

Saat cuaca cerah, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Kota Yogyakarta dan Perbukitan Monoreh. Lokasi Candi Ijo berada di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 

Untuk menikmati keindahan Candi Ijo, wisatawan lokal hanya perlu membayar tiket  Rp 7.000 per orang, sedangkan untuk turis asing tiketnya Rp 15.000 per orang. 

3. Puncak Becici 

Pesona Sunset di Puncak Becici.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pesona Sunset di Puncak Becici.

Puncak Becici berupa kawasan hutan pinus seluas 4,4 hektar di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Keindahan Puncak Becici bahkan telah menarik Presiden AS ke-44 Barack Obama untuk berkunjung ke sana pada Juni 2017 lalu. 

Berdasarkan informasi dari Bantulpedia Pemerintah Kabupaten Bantul, Puncak Bencici merupakan tempat ideal untuk menikmati sunset. Pengunjung bisa melihat panorama sunset dari bangku kayu, ayunan, gardu pandang, dan gazebo. 

Dari lokasi ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Prambanan dan gugusan laut selatan. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus mendaki sekitar 300 meter dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Baca juga:

4. Puncak Kayangan

Puncak Kayangan menyajikan panorama sunset dari atas bukit. Pengunjung bisa menyaksikan gugusan pantai selatan dari Puncak Kayangan. 

Lokasinya berada di Padukuhan Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.  Mengutip Tribun Jogja (4/8/2017), terdapat sejumlah spot foto Instagramable di Puncak Kayangan.

Namun, pengunjung memang harus melewati jalan menanjak untuk sampai ke objek wisata ini. Namun, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan indah setelah sampai lokasi puncak.  

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com