Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Taman Gratis di Bandung, Bisa Ajak Anak Liburan 

Kompas.com - 19/12/2023, 18:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata ke Bandung, Jawa Barat tidak melulu harus bayar mahal. Ada sejumlah taman gratis di Bandung yang terbuka bagi masyarakat. 

Bahkan, wisatawan bisa mengajak anak-anak bermain ke taman gratis di Bandung tersebut. Destinasi tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk menikmati liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dengan murah meriah. 

Baca juga:

Meskipun gratis, fasilitas di taman-taman tersebut cukup memadai. Pengunjung juga diimbau menjaga fasilitas di taman tersebut.  

Taman gratis di Bandung 

Berikut rekomendasi taman gratis di Bandung, seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Taman Film 

Taman Film di Bandung,  salah satu taman gratis di Bandung. 
Dok. Sekretariat Daerah Kota Bandung Taman Film di Bandung, salah satu taman gratis di Bandung.

Sesuai namanya, Taman Film Bandung merupakan area publik untuk mengenalkan karya seni pertunjukan film. Berdasarkan informasi dari situs Sekretariat Daerah Kota Bandung, taman ini berupa taman hijau yang luas dilengkapi dengan layar LCD berukuran jumbo. 

Taman yang diresmikan pada 14 September 2014 ini, juga dilengkapi dengan akses wifi, foodcourt, dan area parkir. Dengan luas area 1300 meter persegi, Taman Film Bandung mampu menampung 500 orang. 

Lokasi Taman Film berada di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. 

2. Taman Superhero

Taman Superhero di Bandung, salah satu taman gratis di Bandung. Dok. https://www.bandung.go.id/ Taman Superhero di Bandung, salah satu taman gratis di Bandung.

Jika mencari taman gratis di Bandung untuk bermain anak-anak, maka Taman Superhero bisa menjadi alternatif. Pengunjung bisa menjumpai beragam karakter superhero seperti Ironman, Superman, Batman, Gatot Kaca, dan Gundala. 

Selain itu, Taman Superhero dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti wastafel, tempat sampah, toilet, wifi, tempat duduk, wahana anak, lapangan olah raga, dan sebagainya. 

Lokasi Taman Superhero cukup strategis tepatnya di Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Taman ini dikelilingi dengan tanaman sehingga suasananya sejuk. 

3. Taman Balai Kota Bandung

Ilustrasi Taman Balai Kota Bandung,  salah satu taman gratis di Bandung. 
Dok. SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi Taman Balai Kota Bandung, salah satu taman gratis di Bandung.

Taman Balai Kota Bandung terdiri dari dua taman yang berada dalam satu kawasan, yaitu Taman Dewi Sartika dan Taman Badak. Lokasinya berada di selatan Balai Kota Bandung. 

Tepatnya di  Jalan Wastukencana Nomor 2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur, Kota Bandung. 

Mengutip laman PPID Kota Bandung, kedua taman tersebut baru selesai direnovasi pada 2017 lalu. Taman Dewi Sartika dibangun seluas 4.390 meter persegi, dengan ikon patung Dewi Sartika yang diletakkan di atas pilar monumen. 

Sementara itu, Taman Badak dibangun seluas 870 meter persegi  dilengkapi dengan kolam dangkal dan tempat bermain anak. Selain itu, taman tersebut juga dilengkapi dengan plaza dan taman hewan seperti  burung hias, ayam hias, dan kelinci. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com