BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BRI

3 Destinasi Wajib di Singapura Ini Makin Mudah Dijelajahi Pakai Aplikasi BRImo

Kompas.com - 21/12/2023, 13:41 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Singapura menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak pelancong Tanah Air, terlebih saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurut data Singapore Tourism Board, wisatawan Indonesia mendominasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2022.

Sebanyak 1,1 juta warga negara Indonesia (WNI) tercatat sebagai pelancong ke Singapura. Angka ini melebihi jumlah wisman asal India yang mencapai 686.000 orang dan Malaysia yang berjumlah 591.000 orang.

Singapura dinilai sebagai tujuan wisata yang lengkap bagi pelacong Asia Tenggara, khususnya asal Indonesia. Selain berjarak dekat, Singapura juga menawarkan beragam destinasi, mulai dari kuliner, theme park, pertunjukan budaya, hingga pusat belanja.

Dengan berbagai pilihan destinasi menarik, terdapat tiga destinasi yang wajib dikunjungi di negara seluas 734,3 km persegi itu pada libur Nataru kali ini. Berikut adalah ulasannya.

1. Gardens by The Bay

Taman alam yang berlokasi di Marina Bay Waterfront itu memiliki luas sekitar 110 ha. Adapun Gardens by The Bay memiliki tiga taman tepi laut, yakni Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Jangan lupa untuk singgah ke Supertree Grove, yakni hutan buatan dengan pohon besar buatan yang tampak natural dan modern sekaligus. Pada malam hari, kawasan ini semakin cantik dengan lampu neon yang berwarna-warni.

Sementara, pada momen Natal, Supertree Grove juga semakin menarik dengan dekorasi Natal bertema “Chrismas Wonderland”.

Ada pula Flower Dome yang merupakan salah satu spot favorit di taman tersebut. Dengan 3.332 buah atap kaca yang menutupi area tersebut, Flower Dome dinobatkan sebagai rumah kaca terbesar di dunia oleh Guiness World Record.

Setelah mengelilingi taman, pelancong bisa menyantap berbagai hidangan pada merchant yang berjejer di sana. Sempatkan pula untuk melihat suvenir menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Marina Bay Sands

Danau tenang yang dikelilingi bangunan estetik menjadi daya tarik Marina Bay Sands yang pantang dilewatkan saat berkunjung ke Singapura.

Menyambut Natal, resor yang berada di jantung kawasan pusat bisnis Singapura tersebut menghadirkan Christmas Light Up.

Pengunjung bisa menyaksikan ribuan lampu dan confetti lengkap dengan pohon Natal setinggi 11 meter di area tersebut.

Perayaan akhir tahun juga akan semakin meriah dengan countdown serta pertunjukan musik dan kembang api.

Deretan restoran, pusat perbelanjaan, dan pusat seni di Marina Bay Sands pun semakin menyempurnakan perjalanan liburan akhir tahun bersama keluarga.

3. Orchard Road

Orchard Road merupakan surga belanja bagi para wisatawan mancanegara, termasuk bagi turis Indonesia. Selain itu, kawasan tersebut juga memiliki jalan dan bangunan berdesain menarik yang sayang untuk dilewatkan lensa kamera.

Saat malam tiba, barisan lampu dan berbagai atraksi unik khas Singapura banyak ditampilkan sehingga menambah kemeriahan kawasan perbelanjaan itu.

Memasuki Desember, kawasan Orchard Road disulap layaknya negeri dongeng berkat dekorasi dan tata lampu meriah khas Natal. Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat penampilan para penari lokal, live band, dan penyanyi Natal.

Itulah tiga destinasi di Singapura yang wajib dikunjungi saat libur Nataru. Sambil menjelajah destinasi seru, jangan lupa untuk berbelanja barang-barang unik, mencicipi kuliner lezat, atau berburu oleh-oleh di deretan merchant di sana.

Saat ini, bertransaksi di berbagai merchant di luar negeri dapat dilakukan dengan lebih mudah. Sebab, kamu bisa memanfaatkan QRIS Crossborder. Apalagi, fitur ini sudah tersedia di aplikasi BRImo dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Ilustrasi aplikasi BRImo. Dok BRI Ilustrasi aplikasi BRImo.

Sebagai informasi, fitur transaksi QRIS Crossborder merupakan mekanisme pembelian atau pembayaran menggunakan QR Code di merchant lintas negara.

Dengan demikian, nasabah BRI tak lagi repot membawa uang tunai atau menukar mata uang rupiah ke dollar Singapura untuk bertransaksi di mana dan kapan saja.

Fitur tersebut dapat digunakan di merchant yang menerima pembayaran NETS QR atau SGQR dan SGQR+ yang berlogo NETS.

Cara pembayarannya pun mudah. Nasabah dapat membuka aplikasi BRImo dan scan Singapore Quick Response Code (SQQR) di merchant saat bertransaksi. Kemudian, masukkan nominal transaksi dan personal identification number (PIN).

Adapun nasabah reguler bisa menikmati limit hingga Rp 10 juta per hari untuk bertransaksi menggunakan QRIS Crossborder. Sementara, nasabah prioritas mendapatkan limit sebesar Rp 20 juta per hari.

Yuk, unduh aplikasi BRImo dan jelajahi berbagai destinasi menarik di Singapura secara mudah!


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com