BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan
logo

Eksotisme Flores Tak Ada Tandingan, Jajal 3 Aktivitas Seru Berikut Saat Traveling ke Flores

Kompas.com - 22/12/2023, 16:19 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ada banyak cara untuk merasakan pengalaman liburan yang mengesankan sembari menikmati keindahan alam Indonesia.

Salah satu yang bisa dipilih menyusuri tiap destinasi wisata dengan berkendara motor.

Berkelana sambil mengendarai motor akan jadi pengalaman tak terlupakan. Sebab, kamu bisa lebih bebas mengeksplorasi keindahan setiap destinasi apik di penjuru Nusantara.

Tidak hanya itu, dengan riding motor di destinasi wisata, kamu bisa singgah ke berbagai tempat menarik sembari merasakan keseharian kehidupan warga lokal.

Untuk menjajal pengalaman riding yang penuh kesan, salah satu destinasi wisata yang patut disambangi adalah Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bagaimana tidak, panorama alam dengan lanskap apik di bumi Flores mampu membuat terkesima siapa pun yang bertandang ke sana.

Baca juga: Tips Aman Touring Moge Lewat Tanjakan Sitinjau Lauik

Barisan bukit yang berpadu dengan hamparan lautan menawarkan eksotisme yang berbeda dengan destinasi lain di mancanegara. Kearifan lokal warga setempat pun makin menambah semarak keindahan Flores.

Lantas, apa saja aktivitas seru yang dapat kamu lakukan selama berlibur sambil riding di Flores? Simak inspirasi berikut.

1. Camping di Kelimutu 

Berkemah alias camping di lereng Gunung Kelimutu merupakan salah satu kegiatan anti-mainstream tapi layak untuk dijajal. Pasalnya, belum banyak wisatawan yang mengagendakan kemah di kaki gunung di Flores, NTT, di sela-sela kegiatan traveling.

Agar pengalaman camping lebih berkesan, kamu dapat menuju area Kelimutu dengan berkendara menggunakan motor. Kamu bisa mengajak sahabat ataupun teman komunitas beranjak ke Kelimutu sambil mengendara motor. Dengan begitu, suasana yang timbul jadi lebih hangat dan makin akrab satu sama lain.

Baca juga: Mengenal Wae Rebo: Rumah Adat, Budaya, dan Cara Menuju

Setiba di sana, kamu bisa mendirikan tenda sembari menikmati udara segar yang menyejukkan. Pastikan pula membawa peralatan memasak serta ajak teman untuk memasak bersama untuk menyiapkan menu makan makan malam atau ngopi bersama.

Di sana, kamu bisa menghabiskan malam dengan jamming lagu-lagu favorit atau games-games seru yang bisa mempererat bonding bersama teman-teman di campsite.

2. Dinner di atas yacht

Siapa yang pernah membayangkan menikmati momen makan malam (dinner) di atas yacht? Sempatkan untuk menjajal menikmati kudapan sembari berlayar di perairan Flores ya.

Di atas kapal, kamu dapat menyantap aneka hidangan laut yang dimasak oleh koki lokal yang andal mengolah penganan sedap. Sensasi makan malam ini pun berbeda karena kamu dapat menikmati hidangan dengan panorama gugusan pulau di Labuan Bajo yang eksotis.

Baca juga: Ke Labuan Bajo dan Wae Rebo, Belum Lengkap Tanpa Ngopi di Bengkes Cafe

Pengalaman berbeda di atas yacht juga terasa karena kamu serasa berlayar layaknya dalam cerita film-film fiksi. Dengan menggunakan yacht, kamu bisa menikmati keindahan perairan serta kepulauan di Flores dengan lebih maksimal.

Sembari menanti waktu makan malam tiba, ada sejumlah kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Misalnya, menjelajahi Pulau Padar, menikmati panorama sunset di Pink Beach, dan menikmati keindahan matahari terbenam di Pulau Kalong.

Pengalaman tersebut dapat kamu temukan saat ke traveling ke Flores. Kebersamaan dengan orang-orang terdekat pun dapat diabadikan. Suasana akrab dan sarat makna dinner di atas yacht bisa dibawa pulang sebagai kenangan yang tak terlupakan.

3. Menjelajah Wae Rebo

Terletak di ketinggian 1.300 mdpl, Waerebo memiliki udara yang sejuk. Kamu pun bakal disuguhi pemandangan hijau serta rumah adat Manggarai, mbaru niang, yang berbentuk kerucut. Rumah-rumah ini berdiri di tengah lingkungan hutan yang asri dikepung bukit-bukit hijau.Dok. Flavorful Ride Terletak di ketinggian 1.300 mdpl, Waerebo memiliki udara yang sejuk. Kamu pun bakal disuguhi pemandangan hijau serta rumah adat Manggarai, mbaru niang, yang berbentuk kerucut. Rumah-rumah ini berdiri di tengah lingkungan hutan yang asri dikepung bukit-bukit hijau.

Eksotisme Flores tak hanya Labuan Bajo. Ada sisi lain yang patut dijelajahi untuk menikmati kekayaan alam dan budaya bumi Nusa Tenggara itu. Salah satunya, menjelajahi desa di atas awan, Waerebo.

Baca juga: Wisatawan Terpesona dengan Panorama 360 Derajat Kota Labuan Bajo dari Parapuar

Waerebo, dalam satu dekade terakhir menjadi destinasi wisata budaya yang berhasil memikat wisatawan. Kamu wajib ke sana untuk merasakan langsung betapa indahnya desa ini.

Meski perjalanan untuk mencapai desa tersebut terbilang cukup menantang, setiba di sana, kamu bakal terbuai dengan keindahan serta harmoni kehidupan penduduknya.

Terletak di ketinggian 1.300 mdpl, Waerebo memiliki udara yang sejuk. Kamu pun bakal disuguhi pemandangan hijau serta rumah adat Manggarai, mbaru niang, yang berbentuk kerucut. Rumah-rumah ini berdiri di tengah lingkungan hutan yang asri dikepung bukit-bukit hijau.

Untuk merasakan pengalaman menyatu dengan kehidupan warga setempat, kamu dapat menghangatkan diri dengan menjajal kopi Waerebo yang jadi komoditas utama di desa ini.

Baca juga: Nikmati Musik dan Tari Tradisional di Parapuar Labuan Bajo, Pas untuk Berakhir Pekan

Itulah tiga aktivitas seru yang wajib dilakukan saat kamu traveling ke Flores, NTT. Benar-benar eksotis dan berbeda dari wisata mancanegara bukan? Alam Indonesia memang betul-betul menawan.

Untuk diketahui, destinasi di atas merupakan destinasi tujuan “Flavorful Ride” yang digelar baru-baru ini. Acara tersebut dibuat untuk mendukung orang-orang yang memiliki passion untuk touring motor lewat petualangan yang seru.

Kegiatan selama touring 10 hari di Flores beragam, mulai dari riding di Larantuka, trekking dan kemah di Kelimutu, mengunjungi Desa Bena dan Wae Rebo, hingga makan malam di yacht dan menjelajahi pulau-pulau indah di area Labuan Bajo.

Untuk diketahui, Flavorful Ride akan digelar kembali tahun depan dengan petualangan baru yang tak kalah menarik. Karena itu, nantikan Flavorful Ride selanjutnya ya.

Untuk informasi lengkap, klik di sini


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com