Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Pantai di Pangandaran yang Terkenal buat Libur Tahun Baru 

Kompas.com - 25/12/2023, 09:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Pangandaran terkenal dengan wisata pantai yang indah. Berwisata ke pantai dapat menjadi salah satu aktivitas mengisi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Pangandaran. 

Pantai-pantai tersebut memiliki hamparan pasir putih serta air laut biru jernih, yang sangat cocok untuk melepas penat. 

Baca juga:

Kompas.com merangkum pantai di Pangandaran yang bisa menjadi alternatif destinasi  wisata saat libur tahun baru, sebagai berikut. 

1. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas di PangandaranTangkapan layar Dinas Pariwisata Jabar Pantai Batu Karas di Pangandaran

Pantai Batu Karas merupakan incaran para peselancar baik lokal maupun internasional. Memiliki ombak tinggi, Pantai Batu Karas menjadi tempat favorit untuk selancar atau surfing

Bagi pengunjung yang tidak melakukan kegiatan selancar, bisa menjajal wahana permainan air seperti jet sky dan juga banana boat. 

Mengutip Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, Pantai Batu Karas juga menawarkan beragam kuliner seafood. Fasilitas di Pantai Batu Karas cukup memadai seperti penginapan, warung makan, sarana ibadah, toilet, area parkir, serta fasilitas lainnya. 

Lokasi Pantai Batu Karasa berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. 

2. Pantai Pangandaran 

Pantai Pangandaran diserbu pengunjung pada periode libur panjang.SHUTTERSTOCK/RIZKIA ANNISA FRABANDANI Pantai Pangandaran diserbu pengunjung pada periode libur panjang.

Berbicara tentang pantai di Pangandaran, tidak lengkap tanpa membahas tentang Pantai Pangandaran. Obyek wisata ini, merupakan ikon wisata Kabupaten Pangandaran. 

Daya tarik Pantai Pangandaran adalah hamparan pasir yang luas. Selain itu, air lautnya biru jernih sehingga setiap pengunjung bisa melihat batu karang dan aneka biota laut dari permukaan. 

Mengutip laman Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran juga memiliki kawasan cagar alam seluas 530 hektar, yang didalamnya terdapat goa alam berusia ratusan hingga ribuan tahun.

Lokasi Pantai Pangandaran berada di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

3. Pantai Karang Nini 

Pantai Karang Nini, Pangandaran, Jawa Barat shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah Pantai Karang Nini, Pangandaran, Jawa Barat

Sesuai namanya, wisatawan bisa menjumpai barisan batu karang yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Karang Nini. Lokasi Pantai Karang Nini, berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. 

Nama Karang Nini, berarti batu karang yang mirip nenek, seperti dikutip dari Portal Pangandaran. Sebelum sampai di area pantai, wisatawan lebih dulu melewati area hutan jati yang asri. 

Setelah melintasi hutan, wisatawan dapat menikmati pemandangan  batu karang yang memecah ombak. Suasana di pantai ini masih tergolong asri dan cukup tenang. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com