Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akau Potong Lembu, Kawasan Wisata Kuliner Legendaris di Tanjungpinang yang Kini Lebih Modern dan Menarik

Kompas.com - 26/12/2023, 13:01 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Bagi Anda yang berliburan di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), jangan lupa menyempatkan diri ke kawasan Akau Potong Lembu.

Kawasan ini sejak dulu telah menjadi ikon pusat Kuliner Tanjungpinang dan kini makin indah setelah revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Akau Potong Lembu kini makin cantik dan rapi dengan paving blok, atap polyglass berwarna kuning, dan jejeran gerobak pedagang makanan dan minuman yang seragam.

Baca juga: Libur Natal, 175.645 Penumpang Padati Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Tak kalah menariknya, toilet akau yang dulu hanya berjumlah dua unit, kini ditambah jumlahnya dan dipisahkan antara toilet pria dan perempuan.

Penataan kawasan akau potong lembu ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, maupun pedagang dan kawasan sekitar Akau Potong Lembu.

Selain itu, juga diharapkan mampu menggaet wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang karena lokasi ini otomatis sebagai destinasi wisata kuliner bernuansa heritage, serta kawasan ruang terbuka publik.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Upaya gaet wisatawan ke Tanjungpinang

Tidak saja Akau Potog Lembu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Tanjungpinang, Pemprov Kepri juga telah melakukan sejumlah upaya.

Di antaranya adalah penataan median Bandara Raja Haji Fisabilillah, revitalisasi Pulau Penyengat, penataan kawasan Kota Lama Tanjungpinang, dan penataan kawasan Gurindam Dua Belas.

Baca juga: Kota Lama di Tanjungpinang Akan Jadi Tempat Wisata Jalan Kaki

“Kami ingin Tanjungpinang makin nyaman dikunjungi orang luar. Ditambah penataan Akau sekarang, maka masyarakat bisa makin nyaman menikmati kuliner Akau yang legendaris ini,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Selasa (26/12/2023).

Ansar melanjutkan, ke depan ruko-ruko di sekitar Akau Potong Lembu juga akan dicat ulang, sehingga menambah keindahan dan estetika Akau Potong Lembu.

Bagi Anda yang berliburan di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, jangan lupa menyempatkan diri ke kawasan Akau Potong Lembu, karena kawasan ini sejak dulu telah menjadi ikon pusat Kuliner Tanjungpinang, yang kini semakin berdelau setelah dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi  Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.Pemkot Tanjungpinang Bagi Anda yang berliburan di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, jangan lupa menyempatkan diri ke kawasan Akau Potong Lembu, karena kawasan ini sejak dulu telah menjadi ikon pusat Kuliner Tanjungpinang, yang kini semakin berdelau setelah dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Jika tempat makannya sudah bagus, jalan-jalannya juga sudah bagus, itu bisa meninggalkan kesan yang baik bagi orang yang datang ke Tanjungpinang, dan otomatis para wisatawan juga akan betah dan akan kembali mengunjungi Tanjungpinang,” ungkap Ansar.

Tak hanya itu, lokasi Akau Potong Lembu juga telah tersedia lokasi parkir yang memadai bagi pengunjung.

Baca juga: Kantor Imigrasi Tanjungpinang Hadirkan Layanan Paspor Darurat

“Selain banyak makanan tradisional khas Melayu Kepri, lokasi ini juga pas untuk para wisatawan menghabiskan malam sambil menikmati keanekaragaman budaya yang ada di Tanjungpinang,” terang Hasan, PJ Walikota Tanjungpinang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com