Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan ke Bantul Tembus 109.533 Selama 4 Hari Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 27/12/2023, 10:54 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sebanyak 109.533 wisatawan tercatat berkunjung ke Kabupaten Bantul selama periode libur Natal dan tahun baru, tepatnya 22-26 Desember 2023.

Puncak kunjungan terjadi pada 24 Desember dengan lebih dari 36.000 wisatawan berkunjung ke kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu.

"Kunjungan paling banyak pada tanggal 24 Desember sebanyak 36.262 wisatawan," kata Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi melalui telepon, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: 8 Wisata Dekat Jembatan Kretek II Bantul, Bisa Menyusuri Sungai Naik Kano

Kunjungan terbanyak tetap ada di kawasan Pantai Parangtritis. Menurut Ipung, sapaan akrab Markus, kebanyakan wisatawan memilih kawasan pantai diperkirakan karena faktor akses yang lebih mudah.

"Parangtritis masih menjadi primadona wisatawan libur Nataru (Natal dan tahun baru)," kata dia. 

Bersama dengan peningkatan jumlah wisatawan selama periode libur akhir tahun, sejumlah rumah makan juga kebanjiran tamu, termasuk rumah makan makanan laut di Pantai Depok.

"Alhamdulilah selama empat hari selalu ramai tamu langganan maupun rombongan wisatawan," kata salah satu pemilik rumah makan seafood Pantai Depok, Dardi Nugroho.

Baca juga: Bantul Gelar 2 Acara Budaya, Diharapkan Naikkan Kunjungan Wisatawan

Dikatakannya, stok berbagai jenis ikan laut saat ini juga sangat mencukupi. Selain itu, nelayan banyak yang turun melaut sehingga wisatawan bisa membeli ikan segar langsung dari laut.

"Jadi wisatawan punya pilihan membeli ikan dari nelayan, dari pasar ikan maupun bisa memesan langsung dari rumah makan," kata dia. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com