Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke Kuningan Tembus 200.000 Orang pada Akhir Tahun

Kompas.com - 28/12/2023, 13:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Kuningan, Jawa Barat pada periode libur Natal dan tahun baru 2024 diperkirakan menembus angka 200.000 wisatawan, yang berasa dari kunjungan berbagai daerah.

Menurut Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, estimasi tersebut diperoleh dari perhitungan kunjungan yang sudah mencapai 170.000 wisatawan hingga Minggu (24/12/2023).

Sementara pada periode yang sama tahun lalu jumlahnya hanya 150.000 wisatawan.

"Tahun ini pada tanggal 24 Desember saja, dan belum masuk ke liburan hari Natal sudah mencapai 170 ribu orang. Untuk liburan Natal hingga tahun baru bisa mencapai 200.000 orang,” ujar Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Elon Carlan di Kuningan, Rabu (24/12/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 10 Wisata Kuningan yang Hits, Cocok buat Liburan Tahun Baru 

Ia menambahkan, peningkatan jumlah kunjungan sudah terlihat di beberapa destinasi. Salah satunya obyek wisata Waduk Darma yang mencatatkan kunjungan sekitar 10.000 orang.

Selain itu, obyek wisata favorit lainnya seperti Kebun Raya Kuningan dan Balong Dalem, yang disebut mengalami lonjakan pengunjung hingga 100 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Tingginya animo wisatawan untuk singgah dan berwisata di Kuningan menurutnya juga diimbangi dengan skema pengaturan dan penataan obyek wisata, terutama di destinasi favorit.

Skema tersebut misalnya penataan area parkir dan pembangunan terminal pariwisata di kawasan Palutungan, yang menjadi destinasi favorit. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan menuju Palutungan.

"Agar para para wisatawan semakin betah berkunjung ke tempat tersebut,” ucapnya.

Baca juga: 6 Wisata Sejarah di Kuningan, Ada Situs yang Berusia 2.000 Tahun 

Elon mengimbau, masyarakat setempat dapat berkontribusi sebagai tuan rumah yang baik, salah satunya dengan menyambut wisatawan agar semakin betah berwisata di daerah tersebut.

 “Masyarakat Kuningan harus paham kewajiban sebagai tuan rumah di kawasan destinasi pariwisata, yang mampu menjaga Sapta Pesona mulai dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Dengan konsep ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya industri pariwisata,” kata Elon.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com