Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Kuningan yang Hits, Cocok buat Liburan Tahun Baru 

Kompas.com - 06/12/2023, 13:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana liburan tahun baru di Kuningan, Jawa Barat? Ada sejumlah wisata di Kuningan yang hits sebagai alternatif destinasi liburan tahun baru. 

Kabupaten yang berbatasan dengan Majalengka, Cirebon, dan Ciamis ini menyimpan banyak pesona alam. Mulai dari telaga, air terjun, hutan pinus, dan sebagainya. 

Baca juga:

Tempat wisata Kuningan yang hits 

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata Kuningan yang hits, sebagai alternatif destinasi liburan akhir tahun. Berkunjung ke Kuningan tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke salah satu destinasi wisata berikut. 

1. Telaga Cicerem

Pengunjung berfoto di Telaga Biru Cicerem atau Situ Cicerem.wonderfulimages.kemenparekraf.go.id Pengunjung berfoto di Telaga Biru Cicerem atau Situ Cicerem.

Telaga Cicerem atau dikenal sebagai Telaga Biru adalah tempat wisata Kuningan yang hits. Obyek wisata alam ini sempat viral di media sosial karena keindahannya. 

Daya tarik Telaga Cicerem adalah air yang berwarna biru jernih dan dikelilingi pepohonan hijau, sehingga tampak asri. Uniknya, terdapat  ikan warna-warni di pinggir telaga yang dapat dilihat dari permukaan.

Spot foto paling populer di Telaga Cicerem adalah ayunan pohon yang berada di atas telaga, dilengkapi dengan panorama air telaga yang jernih dan ikan warna-warni di dalamnya. Lokasi Telaga Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan. 

2. Telaga Nilem 

Telaga di Kuningan lainnya yang tidak kalah hits adalah Telaga Nilem. Berada di kaki Gunung Ciremai, Telaga Nilem memiliki air yang sebening kaca, sehingga wisatawan bisa melihat langsung dasar telaga, seperti dikutip dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar. 

Saking jernihnya, pengunjung juga dapat menyaksikan secara jelas ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Salah satunya adalah ikan nilem, yang konon katanya menjadi asal-usul dari nama telaga ini.

Wisatawan bisa berenang di Telaga Nilem, dengan kedalaman bervariasi mulai dari satu hingga tiga meter. Lokasinya berada di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

3. Cibulan  

Obyek Wisata Cibulan, tempat kolam ratusan ikan dewa, endemik Kuningan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Obyek Wisata Cibulan, tempat kolam ratusan ikan dewa, endemik Kuningan.

Berkunjung ke Kuningan tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke Cibulan yang merupakan obyek wisata tertua di Kuningan. Obyek wisata ini memiliki ikon yaitu ikan dewa yakni ikan endemik dengan ukuran besar dengan panjang 60 centimeter, seperti dikutip dari Kompas.com (27/12/2017). 

Ikan dewa adalah ikan yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat karena diyakni sebagai peninggalan Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi. Konon, ikan dewa merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang, sehingga berubah menjadi ikan. 

Pengunjung bisa berenang dan berfoto bersama ikan jinak tersebut. Selain itu, wisatawan bisa menjumpai tujuh mata air dalam sumur terpisah. Wisata Cibulan berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di 

4. Wisata Cipaniis 

Obyek wisata Cipaniis menawarkan kesegaran air sungai yang jernih serta dikelilingi perbukitan pepohonan pinus yang rindang. Lokasinya berada di Desa Singkup, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com