Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Merayakan Tahun Baru 2024 di Palembang 

Kompas.com - 30/12/2023, 12:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam pilihan tempat merayakan tahun baru 2024 di Palembang. Ibu kota Sumatera Selatan ini, memiliki ikon Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera. 

Namun demikian, Pemerintah Kota Palembang melarang warga menyalakan kembang api dan petasan saat malam tahun baru dikutip dari Antara

Baca juga:

Sebagai gantinya, masyarakat bisa menikmati pergantian tahun dengan kulineran, nongkrong, atau jalan-jalan di lokasi ikonik.

Tempat merayakan tahun baru di Palembang 

Berikut rekomendasi tempat merayakan malam tahun baru 2024 di Palembang, seperti dihimpun Kompas.com

1. Jembatan Ampera 

Siluet saat senja di Jembatan Ampera yang melintang di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (5/8/2016). Salah satu tempat merayakan tahun baru 2024 di Palembang. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Siluet saat senja di Jembatan Ampera yang melintang di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (5/8/2016). Salah satu tempat merayakan tahun baru 2024 di Palembang.

Berkunjung ke Kota Palembang, tidak lengkap rasanya sebelum mampir ke Jembatan Ampera. Berada di pusat Kota Palembang, Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir. 

Pada malam tahun baru, wisatawan bisa menikmati panorama memukau Sungai Musi dari Jembatan Ampera. Kerlap-kerlip lampu di Jembatan Ampera menambah kemeriahan malam tahun baru. 

Untuk diketahui, Jembatan Ampera dibangun pada 1962 serta memiliki panjang 1,117 meter dan lebar 22 meter. 

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak peninggalan Kesultanan Palembang. Salah satu tempat merayakan tahun baru 2024 di Palembang. 
Wikimedia Commons/Arisdp Benteng Kuto Besak peninggalan Kesultanan Palembang. Salah satu tempat merayakan tahun baru 2024 di Palembang.

Jika ingin menikmati malam tahun baru sembari mengenal sejarah Palembang, maka Benteng Kuto Besak bisa menjadi alternatif. Situs bersejarah ini berada di tepi Sungai Musi tepatnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (2/2/2022), Benteng Kuto Besak dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah Kesultanan Palembang Darussalam pada 1724-1758. 

Benteng ini dikeliling tembok tinggi yang mencapai 9,14 meter, tebal 2,13 meter, dan empat bastion atau selekoh di sudutnya. Terdapat tiga pintu gerbang pada benteng ini, yaitu di sisi timur laut, barat laut, dan gerbang utama yang berada di sisi tenggara. 

Di dalam kompleks Benteng Kuto Besak terdapat pelataran yang luas, balai agung, serta beberapa ruangan seperti keputren, paseban, ruang tamu, hingga kediaman sultan dan permaisuri. 

Tak hanya itu, di tengah kompleks bangunan benteng terdapat kolam dengan perahu, taman, dan pohon buah-buahan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com