Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata di Bogor Selain Puncak, Bebas Macet 

Kompas.com - 30/12/2023, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor masih menjadi destinasi favorit wisatawan Jabodetabek dan sekitarnya. Tidak heran jika kawasan Puncak, Bogor menjadi langganan macet saat periode liburan. 

Namun, ada sejumlah tempat wisata di Bogor selain Puncak yang bisa menjadi alternatif destinasi. Jadi, wisatawan bisa terhindari dari kemacetan. 

Baca juga:

Tempat wisata di Bogor selain Puncak tersebut menawarkan panorama dan pengalaman yang tidak kalah menariknya.  

Tempat wisata di Bogor selain Puncak 

Berikut rekomendasi tempat wisata di Bogor selain Puncak yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata. 

1. Kebun Raya Bogor 

Taman Soedjana Kassan di Kebun Raya Bogor. Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak. 
SITUS KEBUN RAYA BOGOR Taman Soedjana Kassan di Kebun Raya Bogor. Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak.

Kebun Raya Bogor adalah kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara yang berada di Kota Bogor. Wisatawan bisa piknik sambil belajar berbagai pengetahuan mulai dari flora, fauna, hingga sejarah. 

Dengan luas mencapai 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Mulanya Kebun Raya Bogor digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Wisatawan dari luar kota bisa naik KRL, kemudian turun di Stasiun Bogor. Dari stasiun, wisatawan bisa berjalan kaki karena jaraknya hanya satu kilometer (km). 

Sejumlah aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor antara lain, bersepeda, piknik di bawah pohon rindang, melihat Istana Kepresidenan Bogor, mengunjungi Taman Meksiko yang berisi spesies tumbuhan iklim kering, dan mendatangi Museum Zoologi.  

2. Taman Budaya Sentul City 

Taman Budaya Sentul City Bogor. 
Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak. Dok. https://tamanbudaya.co.id/ Taman Budaya Sentul City Bogor. Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak.

Kawasan Sentul yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor bisa menjadi pilihan wisata tahun baru. Ada beragam destinasi wisata menarik di Sentul, salah satunya adalah Taman Budaya Sentul City. 

Obyek wisata ini, menggabungkan konsep outbond, budaya, sekaligus wisata kuliner dalam satu area. Pengunjung bisa menjumpai 21 wahana permainan anak-anak, 12 wahana adventure dan outbond bagi anak-anak hingga dewasa, dan lebih dari 39 tenant.  

Sembari menikmati wahana, wisatawan juga bisa menikmati panorama indah di Taman Budaya Sentul City. Tempat wisata ini beralamat di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

3. Jungleland Adventure Themepark

Ilustrasi wahana di Jungleland, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 
Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak. SHUTTERSTOCK/RIDO FADILAN Ilustrasi wahana di Jungleland, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Salah satu alternatif wisata di Bogor selain Puncak.

Jika ingin seru-seruan tanpa macet, kamu bisa mengunjungi Jungleland Adventure Themepark. Alamatnya berada di Kawasan Sentul Nirwana, tepatnya Jalan Jungle Land Nomor 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Jungleland Adventure Themepark, merupakan salah satu taman bermain terbesar di Indonesia. Dengan luas mencapai 35 hektare, Jungleland Adventure Themepark terbagi menjadi empat zona, yaitu Zona Carnivalia, Tropicalia, Mysteria, dan Explora. 

Ada sekitar 33 wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berada di kawasan Gunung Pancar, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk di Jungleland Adventure Themepark.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com