Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Danau Setu Babakan naik KRL dan Transjakarta

Kompas.com - 31/12/2023, 16:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Danau Setu Babakan cocok disambangi oleh wisatawan yang sedang mencari destinasi wisata murah meriah di Jakarta Selatan.

Selain bisa melihat pemandangan danau, wisatawan juga bisa menjajal aneka kuliner khas suku Betawi. Harga yang ditawarkan pun ramah dikantong, yakni dibanderol mulai Rp 5.000.

"Di sini biasanya ramai akhir pekan, dan pedagang makanan di sini juga lebih banyak pada akhir pekan)," kata salah satu pedagang oleh-oleh khas suku Betawi, Ida, kepada Kompas.com saat ditemui di Setu Babakan, Jumat (29/12/2023).

Danau Setu Babakan berlokasi di dalam area Perkampungan Betawi, alamatnya di Jalan Situ Babakan Nomor 47, RT 13/ RW 8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca juga:

Selain naik kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa datang ke lokasi naik transportasi umum, dalam hal ini yatu bus Transjakarta dan KRL Commuterline.

Simak panduannya berikut ini. 

Cara ke Danau Setu Babakan naik KRL

Stasiun KRL Commuterline terdekat dari Danau Setu Babakan yaitu Stasiun Universitas Pancasila.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Calon pengunjung yang datang dari arah Bogor bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Universitas Pancasila.

Sebaliknya, jika datang dari arah Jakarta Kota ataupun Manggarai, bisa naik KRL tujuan Bogor lalu turun di Stasiun Universitas Pancasila.

Baca juga:

Sementara itu calon pengunjung yang datang dari arah Tangerang Selatan ataupun Lebak, bisa naik KRL terlebih dahulu ke Stasiun Tanah Abang. Di Stasiun Tanah Abang transit naik KRL tujuan Stasiun Manggarai.

Dari Stasiun Manggarai transit kembali naik KRL tujuan Stasiun Bogor, lalu turun di Stasiun Universitas Pancasila.

Stasiun Universitas Pancasila, stasiun KRL terdekat dari Danau Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Stasiun Universitas Pancasila, stasiun KRL terdekat dari Danau Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Begitu juga calon pengunjung yang datang dari arah Cikarang, Bekasi dan Jatinegara, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggari. Di Stasiun Manggarai transit naik KRL tujuan Bogor, kemudian turun di Stasiun Universitas Pancasila.

Setelah tiba di Stasiun Universitas Pancasila, perjalanan ke Danau Setu Babakan bisa dilanjutkan menumpangi ojek online dengan mengambil titik tujuan di pintu masuk Perkampungan Budaya Betawi.

Jarak kedua lokasi ini sekitar 2,5 kilometer dan bisa ditempuh sekitar enam menit naik sepeda motor.

Baca juga:

Sampai di pintu masuk Perkampungan Budaya Betawi, kamu bisa masuk ke dalam kawasan dan mengikuti papan petunjuk arah menuju Danau Setu Babakan. Jika bingung, pengunjung juga bisa minta bantuan petugas yang ada di lokasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com