Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Padati Sekitar Panggung Hiburan Tahun Baru di Sudirman-Thamrin, Ada yang Bawa Tikar

Kompas.com - 31/12/2023, 21:20 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang malam pergantian Tahun Baru 2024, terlihat sejumlah panggung hiburan mulai dipadati pengunjung. Dua di antaranya yaitu panggung hiburan di Bundaran Hotel Indonesia dan di depan Gedung Sarinah.

Adapun di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, terdapat 11 titik panggung hiburan, dengan panggung di Bundaran HI sebagai yang utama.

Berdasarkan pantauan Kompas.com sekitar pukul 19.30 WIB, jalanan depan gedung Sarinah, tepatnya di sekitar Halte MH. Thamrin mulai ramai oleh pengunjung yang menyaksikan konser musik.

Baca juga: Jadwal Terakhir Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT Saat Malam Tahun Baru 

Beberapa di antaranya ada yang duduk di tangga gedung Sarinah, berdiri di jalan, hingga duduk berjejer di pembatas jalan.

Salah satu pengunjung yang menanti momen pergantian tahun di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin, yaitu Iqbal. Pengunjung yang tinggal di kawasan Mampang tersebut menuturkan dirinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin lantaran diajak oleh sang teman.

"Karena gabut (tidak ada kegiatan) saja, karena diajak teman melihat acara malam tahun baruan, jadinya saya ikut, " kata Iqbal kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (31/12/2024).

Semula, sebelum datang ke kawasan Sudirman-Thamrin ia memang mendengar bunyi kembang api di sekitar kos. Namun ia baru memutuskan pergi ke kawasan Sudirman-Thamrin itu setelah diajak teman.

Pengunjung lain bernama Nike mengaku sudah tahun kedua ikut perayaan malam tahun baru di Jakarta.

"Ini sudah kali kedua (merayakan tahun baru) di Jakarta," kata Nike kepada Kompas.com di lokasi, Minggu.

Baca juga: 3 Tips Tahun Baruan di Sudirman-Thamrin, Naik Kendaraan Umum

Nike mengatakan, meskipun pada sore hari turun hujan, ia berharap jelang malam pergantian tahun cuaca cerah, sehingga bisa melihat kemeriahan kembang api.

"Tidak bawa makanan, rencananya mau beli makanan di sini saja," lanjutnya.

Panggung hiburan dipadati pengunjung

Sekitar pukul 19.45 WIB Kompas.com bergeser ke arah Bundaran HI, dan tepat di depan panggung hiburan tampak sudah mulai ramai oleh pengunjung.

Seperti di kawasan Sarinah, pengunjung juga ada yang duduk di pembatasan jalan. Bedanya, di kawasan Bundaran HI ada pula pengunjung yang menggelar tikar di tengah jalan dan di trotoar Plaza Indonesia.

Suasana keramaian pada malam Tahun Baru 2024 di area Bundaran HI, Jakarta Pusat jelang pergantian tahun, Minggu (31/12/2023).KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI Suasana keramaian pada malam Tahun Baru 2024 di area Bundaran HI, Jakarta Pusat jelang pergantian tahun, Minggu (31/12/2023).

Sekitar pukul 20.30 WIB, tampak sebagian pengunjung mulai bergerak dari kawasan sekitar patung kuda menuju Bundaran HI.

Dua pengunjung di antaranya yaitu sepasang lansia usia 70 tahunan asal Sawah Besar.

"Kami ke sini jalan kaki, dari Sawah Besar, masih kuat, tadi berangkatnya jalan kaki, pulangnya juga (jalan kaki)," kata sang nenek yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga: 6 Serba-serbi Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Ia menuturkan dirinya memang sengaja datang untuk melihat suasana keramaian malam perayaan Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tidak sampai pukul 00.00 WIB, ini kami akan langsung pulang," katanya.

Selain panggung hiburan, area yang cukup ramai dipadati pengunjung yaitu area jajanan kaki lima, salah satu lokasinya bisa ditemui di dekat patung kuda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com