Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Asing ke Kepulauan Riau 2023 Tembus 1,5 Juta Orang, Terbanyak Ketiga Nasional

Kompas.com - 01/01/2024, 17:05 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyambut kedatangan turis asing pertama tahun 2024 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (1/1/2024).

Penyambutan ini ditandai dengan pengalungan bunga dan pemasangan tanjak oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Bintan, Robby Kurniawan.

Sandiaga mengatakan, Kepri merupakan Provinsi dengan kunjungan wisman terbanyak ketiga nasional yang menawarkan banyak sekali tempat wisata menarik.

Baca juga: Jadwal Keberangkatan KM Bukit Raya Pelni dari dan ke Pulau di Kepri

Seperti Lagoi Bay dan Treasure Bay, Pantai Trikora, Bukit Pasir di Desa Busung, Desa Wisata Poyotomo dan Ekang Anculai yang ada di Kabupaten Bintan, serta Vihara Patung Seribu yang ada di Tanjungpinang.

“Tetap semangat ya. Usulan bebas visa kunjungan (Visa on Arrival/VoA) yang diajukan Pemprov Kepri telah berada di meja Menteri Keuangan,” kata Sandiaga di Bintan, Senin (1/12/2023).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia berharap agar usulan tersebut bisa terwujud, sehingga menjadi kado tahun baru yang indah untuk Kepri.

Kunjungan turis asing 2023 di Kepri tembus 1,5 juta orang

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, kunjungan wisman ke Kepri hingga Oktober 2023 tembus di angka 1,2 juta lebih. Jumlah itu diperkirakan bertambah hingga penutup tahun 2023 ini.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kunjungan wisman ke Kepri sampai akhir Desember 2023  tembus di angka 1,5 juta,” ujar Ansar.

Baca juga: Libur Natal, 175.645 Penumpang Padati Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Ia bersyukur karena pariwisata Kepri telah membaik dan berharap tidak ada lagi gangguan ekonomi.

Secara detail, Ansar menjelaskan, kunjungan wisman di Kepri tertinggi terjadi pada tahun 2019, yakni mencapai 2,967 juta kunjungan. Pihaknya ingin mengulang capaian itu lagi.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) telah membuka antrian online untuk pelayaran atau penyebrangan mulai dari tanggal 11 Desember 2023 hingga 5 Januari 2023 atau jelang perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2024.KOMPAS.COM/HADI MAULANA PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Telaga Punggur, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) telah membuka antrian online untuk pelayaran atau penyebrangan mulai dari tanggal 11 Desember 2023 hingga 5 Januari 2023 atau jelang perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Menurut dia, Kepri punya modal kuat untuk meningkatkan kunjungan turis asing. Itu karena Indeks Pembangunan Manusia Kepri membaik, berada di angka 79,6 poin urutan ketiga setelah DKI Jakarta dan Yogjakarta.

"Yang tidak kalah penting adalah angka moderasi agama yang yang hampir mencapai angka 90 persen di tahun 2022 menjadikan Kepri dianugerahi sebagai provinsi terbaik moderasi agama secara nasional.” Pungkas Ansar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com