Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Liburan, Waspada Post-Holiday Syndrome yang Bikin Tak Semangat Kerja

Kompas.com - 01/01/2024, 22:00 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 telah usai. Sebagian besar orang mungkin akan mulai masuk kerja pada Selasa (2/1/2023).

Jika kamu puas bersenang-senang selama periode libur kemarin, maka ada satu hal yang perlu diwaspadai usai kembali kerja, yakni post-holiday syndrome (PHS).

Dilansir dari Kompas.com (4/1/2020), PHS terjadi saat mood seseorang masih liburan, padahal dia sudah harus kembali bekerja.

Baca juga: Jumlah Wisatawan di Karimunjawa Melonjak pada Libur Nataru, Hampir 7.000 Orang dalam Sebulan

“Gejala umum PHS adalah rasa malas, tidak bersemangat, tidak antusias, dan tidak ceria dalam melakukan rutinitas sehari-hari,” kata Psikolog Ratih Ibrahim, dilansir dari Kompas.com (4/1/2020).

Ia melanjutkan, PHS dapat membuat seseorang menjadi uring-uringan atau dengan kata lain, malah menjadi depresi usai liburan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

PHS dapat terjadi pada orang dewasa yang masuk kerja di kantor usai liburan, ditandai dengan mengeluh.

Cara atasi Post-Holiday Syndrome

Menurut Ratih, cara mengatiasi PHD usai liburan adalah dengan memosisikan keadaan dan pikiran ke rutinitas sehari-hari, misal bekerja secara profesional.

Baca juga: Dieng Macet Saat Libur Natal 2023, Pengunjung Lebih dari 15.000 Orang

"Be grateful (bersyukur) bahwa sudah liburan. Be positive dalam menyambut hari kerja kembali. Di kantor dan tempat kerja, be focus and work smart," kata Ratih.

Ilustrasi foto liburan.Vadim Georgiev/SHUTTERSTOCK Ilustrasi foto liburan.

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com (5/1/2021), kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas supaya kembali semangat.

Beberapa di antaranya adalah dengan menyediakan waktu bersantai di rumah sebelum kembali bekerja, memajang kenangan favorit saat liburan, membersihkan rumah, hingga merencanakan liburan selanjutnya.

Baca juga: Libur Natal 2023, Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Naik 100 Persen

Istirahat cukup setelah liburan juga penting agar fisik bugar saat di kantor. Kamu bisa mengonsumsi teh atau kopi agar tidak mengantuk dan lemas saat bekerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com