Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Luncurkan 3 Kereta Api Baru Mulai Hari Ini, Lebih Mudah ke Pangandaran

Kompas.com - 24/01/2024, 15:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia meluncurkan tiga kereta api (KA) baru mulai hari ini, Rabu (24/1/2024).

Adapun tiga KA tersebut yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir pergi pulang (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP), dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang (PP).

"Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam siaran resmi, Rabu (24/1/2024).

Baca juga:

Peluncuran KA Papandayan ini, kata Didiek, bertujuan untuk memberikan pilihan perjalanan, khususnya bagi pelanggan KA rute Stasiun Garut ke Gambir.

Mengingat, rute tersebut selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasarsenen.

"Peluncuran KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya," katanya.

Sementara itu untuk KA Malabar saat ini tersedia jadwal keberangkatan pagi dari Stasiun Bandung pukul 09.50 WIB menuju Stasiun Malang. 

Sebelumnya, kata Didiek, KA Malabar relasi Bandung-Malang PP hanya tersedia untuk keberangkatan sore hari, yakni pukul 17.20 WIB dari Stasiun Bandung.

"Ketiga KA tersebut terdiri dari dua kelas layanan, yaitu Kelas Eksekutif dan Kelas Ekonomi," terang Didiek.

Baca juga: KA Taksaka Eksekutif dan Luxury New Generation Beroperasi 18 Januari 2024

Jadwal dan tarif 3 KA baru

KA Papandayan relasi Garut-Gambir PP

  • KA Papandayan dijadwalkan berangat dari Stasiun Garut pukul 12.30 WIB, dan tiba di Stasiun Gambir pukul 17.45 WIB. Kereta ini nantinya akan berangkat kembali dari Stasiun Bandung pukul 15.00 WIB.
  • Rute sebaliknya, KA Papandayan dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 06.30 WIB, dan tiba di Stasiun Garut pukul 11.20 WIB. Kereta ini nantinya akan tiba di Stasiun Bandung pukul 09.15 WIB.

Adapun tarif KA Papandayan dibanderol seharga Rp 252.000 per tiket untuk kereta kelas eksekutif, dan Rp 156.000 per tiket untuk kereta kelas ekonomi.

Baca juga: Kereta Ekonomi New Generation KA Jayabaya Resmi Diluncurkan Hari Ini

KAI luncurkan 3 kereta api baru mulai 24 Januari 2024, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir PP,  KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir PP, dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang PP.Dokumentasi PT Kereta Api Indonesia KAI luncurkan 3 kereta api baru mulai 24 Januari 2024, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir PP, KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir PP, dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang PP.

KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir PP

  • KA Pangandaran dijadwalkan berangkat dari Stasiun Banjar pukul 16.55 WIB, dan tiba di Stasiun Gambir pukul 00.49 WIB. Kereta ini kembali berangkat dari Stasiun Bandung pukul 22.00 WIB.
  • Rute sebaliknya, Ka Pangandaran dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB, dan tiba di Stasiun Banjar pukul 16.25 WIB. Kereta ini nantinya tiba di Stasiun Bandung pukul 12.15 WIB.

Tarif tiket kereta KA Pangandaran dibanderol seharga Rp 296.000 per tiket untuk kereta kelas eksekutif, dan Rp 180.000 per tiket untuk kelas ekonomi. 

Baca juga:

KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang PP

  • KA Malabar dijadwalkan berangkat dari Stasiun Malang pukul 05.40 WIB, dan tiba di Stasiun Bandung pukul 17.58 WIB.
  • Rute sebaliknya, KA Malabar berangkat dari Stasiun Bandung pukul 09.50 WIB, dan tiba di Stasiun Malang pukul 22.55 WIB.

Tarif tiket KA Malabar keberangkatan pagi dibanderol dengan harga Rp 420.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp 240.000 untuk kelas ekonomi.

KAI luncurkan 3 kereta api baru mulai 24 Januari 2024, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir PP,  KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir PP, dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang PP.Kompas.com/Suci Wulandari Putri KAI luncurkan 3 kereta api baru mulai 24 Januari 2024, yaitu KA Papandayan Ekspres relasi Garut-Gambir PP, KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir PP, dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Bandung-Malang PP.

"Tarif (tiket 3 KA baru KAI) tersebut merupakan tarif promo 20 persen yang berlaku hingga 31 Januari 2024," kata Didiek.

Didiek menuturkan, dengan dioperasikannya KA baru diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran atau sebaliknya.

Selain itu, juga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jawa Barat.

Tiket ketiga KA baru untuk keberangkatan tanggal 24 Januari 2024 sudah bisa dipesan sejak 22 Januari 2024 melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan KA baru tersebut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com