Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Fasilitas Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Argo Dwipangga

Kompas.com - 13/12/2023, 09:30 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta api (KA) Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan pergi pulang (pp) beroperasi menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation, mulai Rabu (13/12/2023) ini.

"Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan tahun baru, khususnya pelanggan KA Argo Dwipangga," jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus lewat keterangan resmi, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Jelang Nataru 2024, Tiket Kereta Api Terjual 33 Persen dari 2,6 Juta Tiket

Ia menambahkan, Kereta New Generation ini akan dioperasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap.

Sebagai informasi, Kereta New Generation merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sampai 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Fasilitas Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Argo Dwipangga

Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP. Dokumentasi PT Kereta Api Indonesia Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP.

Keunggulan dari Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation, salah satunya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Pelaku perjalanan diharapkan bisa lebih mudah dalam membuka atau menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Selain itu, suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Joni menambahkan, terdapat papan informasi penumpang atau Passenger Information Display System (PIDS) di masing-masing kereta, termasuk kereta makan, yang dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi penting bagi pelanggan selama perjalanan.

"Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah diperbarui menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass," tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, tingkat keamanan kereta lebih tinggi.

Jendela yang sudah diperbarui itu juga membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com