Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Uap Harry Potter Terancam Ditutup Akibat Alasan Keamanan

Kompas.com - 07/12/2023, 20:14 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Euronews,BBC

KOMPAS.com - Di film Harry Potter and the Chamber of Secrets, ada adegan ketika Harry Potter dan Ron Weasley menaiki mobil yang terbang di atas kereta Hogwarts Express. Kereta uap bercat hitam itu tengah melintasi Viaduk Glenfinnan, Skotlandia.

Di dunia nyata, ada kereta yang mirip Hogwarts Express dan melintasi Viaduk Glenfinnan. Namanya Jacobite Steam Train, dioperasikan oleh West Coast Railways (WCR) di Inggris.

Baca juga: Harry Potter: A Forbidden Forest Experience Akan Digelar di Singapura

Namun, kereta uap tersebut terancam tidak beroperasi mulai Maret 2024 akibat masalah keamanan. 

Dilansir dari Euronews, Kamis (7/12/2023), lokomotif Jacobite Steam Train disebut melanggar aturan penguncian pintu dari Office of Rail and Road (ORR), regulator independen untuk ekonomi dan keselamatan perkeretaapian di Inggris.

ORR menyebut, sistem penguncian sentral harus dipasang di pintu gerbong, namun hal tersebut dinilai terlalu mahal oleh WCR.

Baca juga:

Sempat diberikan pengecualian

Ilustrasi Jacobite Steam Train (Kereta Uap Jacobite) yang mirip kereta Hogwarts Express di film Harry Potter.Dok. West Coast Railways Ilustrasi Jacobite Steam Train (Kereta Uap Jacobite) yang mirip kereta Hogwarts Express di film Harry Potter.

Sebelumnya WCR telah menerima beberapa pengecualian dari ORR sehingga kereta uap tersebut bisa tetap dioperasikan, dikutip dari BBC.

ORR memberikan dua pengecualian berdurasi 10 tahun terkait bagaimana pintu di gerbong dikunci saat kereta melaju. Pengecualian tersebut berakhir pada akhir Maret 2023.

Usai proses pemeriksaan pada bulan Juli, ORR menyoroti masalah terkait prosedur di kunci pintu sekunder serta menilai bahwa WCR bisa menyebabkan penumpang berisiko mengalami cedera serius.

Baca juga: Penginapan Bertema Rumah Hagrid, Tokoh di Serial Harry Potter

Selanjutnya pada Agustus 2023, Jacobite Steam Train juga menerima pengecualian yang berakhir pada akhir November 2023, namun diperpanjang lagi hingga awal 2024.

Adapun hasil peninjauan yudisial soal syarat sistem penguncian ini direncanakan keluar pada Januari 2024. 

Dengan demikian, WCR tetap bisa mengoperasikan kereta tersebut hingga keputusan dijatuhkan atau hingga akhir Februari 2024.

Sebagai informasi, dilansir dari laman resminya, Jacobite Steam Train mengawali perjalanan dari Ben Nevis, Inggris, melintasi dataran tinggi, tepi danau, dan pedesaan. Saat musim puncak liburan, sekitar 750 orang menaiki kereta api ini setiap harinya di Mallaig.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com