Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditutup, Kereta Uap Harry Potter Kembali Beroperasi

Kompas.com - 17/08/2023, 13:48 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta uap The Jacobite atau kerap disebut juga dengan kereta uap Harry Potter diizinkan kembali beroperasi mulai Selasa (8/8/2023).

Pengumuman disampaikan langsung oleh operatornya, West Coast Railways melalui situs resminya.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa layanan Jacobite kembali beroperasi pada layanan pagi kami," tulis pernyataan di situs West Coast Railways, Kamis (17/8/2023).

Baca juga:

Dikutip dari The Sun, layanan kereta diizinkan beroperasi setelah Kantor Kereta Api dan Jalan (ORR) memberikan pengecualian keselamatan.

Seorang juru bicara ORR mengatakan bahwa ORR telah memberikan sertifikat pengecualian baru yang memungkinkan Jacobite untuk beroperasi kembali.

Lebih lanjut, sertifikat pengecualian ini diperlukan untuk semua operator kereta api yang ingin menggunakan gerbong pintu berengsel tanpa penguncian pintu sentral.

Pengecualian ini akan berlaku untuk layanan kereta mulai 8 Agustus 2023 hingga 30 November 2023.

Dikutip dari situs resminya, rute The Jacobite melayani perjalanan pergi-pulang sejauh sekitar 135 kilometer dan membawa penumpang ke sejumlah destinasi menarik.

Ini termasuk dekat gunung tertinggi di Inggris Raya, Ben Navis, teluk air tawar terdalam Loch Morar, serta sungai terpendek River Morar, sebelum tiba kembali di teluk air laut terdalam di Eropa, Loch Nevis.

 

Untuk layanan pagi hari

Dikutip dari laman resmi West Coast Railways, operasional kereta ini khusus untuk layanan pada pagi hari.

Sementara layanan kereta pada sore hari akan beroperasi pada 18,19,dan 20 Agustus 2023.

"Setiap layanan sore sebelum tanggal ini dibatalkan. Kami akan terus mengabari Anda dengan tanggal setelah 20 Agustus 2023," dikutip dari laman resmi West Coast Railways, Kamis.

Baca juga:

Pihak West Coast Railways mengatakan bahwa tidak ada pengalihan tanggal keberangkatan (reschedule) bagi calon penumpang yang terlanjur memesan pada layanan sore sebelum tanggal 18 Agustus 2023.

Akan tetapi calon penumpang bisa melakukan pengembalian biaya tiket (refund) dan nantinya tiket akan dikembalikan setelah 10 hari kerja.

"Semua penumpang yang terkena dampak akan dihubungi melalui email dan SMS yang tertera," katanya.

@kompastravel Engga usah pusing kalau mau beli tiket kereta api bandara. Udah mimin jelasin secara lengkap nih. Tonton sampai habis ya videonya. Kalau kamu tim beli tiket online atau offline ?? #keretabandara #travelblogger #travellife #traveltiktok ? A Sky Full of Stars - Coldplay
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com