Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Jamin Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan di Labuan Bajo

Kompas.com - 31/01/2024, 08:08 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kaupaten Manggarai Barat, NTT, terus berkomitmen untuk menciptakan Labuan Bajo sebagai destinasi yang aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Kita berkomitmen mewujudkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang aman dan nyama serta selamat bagi setiap wisatawan yang berkunjung, baik nusantara maupun mancanegara," ujar Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng saat ditemui Selasa (30/1/2023).

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, ingin agar semua wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo, kembali ke tempat asalnya dengan membawa cerita yang menarik tentang Labuan Bajo.

Baca juga: Low Season di Labuan Bajo, Butuh Banyak Event untuk Tarik Wisatawan

"Tentu karena memiliki kesan yang baik dan tak terlupakan, sehingga kemudian merekomendasikannya kepada yang lain untuk datang berkunjung ke Labuan Bajo," tuturnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Pelaku wisata harus hati-hati

Dirinya tak menampik bahwa selama masih beberapa kali terjadi peristiwa kecelakaan kapal di perairan Labuan Bajo. Semua itu terjadi di luar kendali manusia.

“Kecelakaan yang terjadi itu diluar kendali dan kehendak kita. Karena kita semua telah berupaya dengan maksimal, sigap dan respons cepat terhadap setiap terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Baca juga: Agrowisata Ngalor Kalo, Wisata Baru di Labuan Bajo

Ia pun mengimbau pelaku wisata untuk menaati aturan pelayaran. Sebab kecelakaan yang kerap terjadi, pernyebabnya adalah kurang taatnya para pelaku wisata akan aturan pelayaran dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Bangun puskesmas di pulau

Ia menambahkan, sebagai bukti komitmen Pemerintah Daerah Manggarai Barat dalam upaya mendukung keselamatan dan memberi rasa aman kepada wisatawan.

Waterfront Marina, Labuan Bajo, NTT.Dok. Kementerian PUPR. Waterfront Marina, Labuan Bajo, NTT.

Pembangunan Puskesmas di Pulau Komodo itu, lanjut dia, merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan pelayanan yang cepat.

Baca juga: Wakil Bupati: Masyarakat Manggarai Barat Hanya Jadi Penonton Pariwisata Labuan Bajo

Andai terjadi kecelakaan, wisatawan bisa mendapat penanganan di puskesmas, sebelum lanjut di rumah sakit di kota Labuan Bajo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com