Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pantai di Pacitan Jawa Timur, Ada yang Bisa untuk Berselancar

Kompas.com - 17/02/2024, 12:01 WIB
Nuril Laili Azizah,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pantai adalah salah satu tempat wisata populer untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Jika sedang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, banyak wisata pantai dengan pasir putih dan lautan biru nan jernih.

Daftar pantai di Pacitan berikut bisa dijadikan destinasi wisata saat liburan, ajak keluarga dan teman-teman.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Pantai Klayar tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Wisatawan tampak berjalan di atas karang Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).Nicholas Ryan Aditya Wisatawan tampak berjalan di atas karang Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).

Pantai Klayar memiliki panorama indah air laut yang biru dan pasir putih. Pantai Klayar cocok dijadikan tempat melihat sunrise maupun sunset.

Baca juga: Pesona Pantai Klayar, Seruling Samudra hingga Sphinx van Java

Harga tiket masuk Pantai Klayar, yaitu sebesar Rp 15.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak Rp 10.000.

2. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung merupakan destinasi wisata yang bisa pengunjung datangi bersama keluarga. Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan. KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA Peselancar dari sejumlah negara menjajal ketangguhan berselancar di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak di sana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing umumnya tinggal di rumah warga minimal sepekan.

Pantai Watu Karung memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, ombak di sini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

Baca juga: Menantang Gulungan Ombak Watu Karung

Pantai Watu Karung buka setiap hari selama 24 jam, tiket masuk ke tempat wisata Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak Rp 5.000.

3. Pantai Srau

Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit-bukit di sekitar Pantai Srau.

Pantai Srau dengan pasir putihnya yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Srau dengan pasir putihnya yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Selain itu bisa juga camping di area yang sudah disediakan, sambil menanti sunset maupun sunrise. Pantai Srau memiliki ombak besar jadi harus berhati-hati saat bermain air, jangan terlalu dalam.

Baca juga: Pantai Srau, Permata Putih di Selatan Pacitan

Pantai Srau buka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya, cukup terjangkau yakni Rp 5.000 per orang.

4. Pantai Kasap

Pantai Kasap salah satu objek wisata andalan Pacitan untuk dikunjungi saat liburan, mempunyai panorama indah dengan air laut jernih.

Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Kasap Pacitan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Pantai Pasir Putih Pantai Kasap Pacitan.

Pantai Kasap disebut sebagai Raja Ampat Jawa, terdapat batu karang tersebar yang menyerupainya. Pantai Kasap memiliki ombak yang besar, disarankan untuk tidak terlalu dalam saat bermain air.

Baca juga: Keindahan Pantai Kasap, Sepotong Raja Ampat di Pacitan

Pantai Kasap berlokasi di Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Jawa Timur. Tiket masuk Pantai Kasap cukup terjangkau, yaitu Rp 7.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com