Pantai Srau, Permata Putih di Selatan Pacitan

Kompas.com - 15/06/2019, 07:22 WIB
Pantai Srau dengan pasir putihnya yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Srau dengan pasir putihnya yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

PACITAN, KOMPAS.com – Kabupaten Pacitan memang dikenal memiliki pantai-pantai cantik dengan pasirnya yang berwarna putih. Hal itu wajar karena sisi selatan Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kabupaten yang merupakan kampung halaman Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini merupakan salah satu destinasi terbaik bagi para pencinta wisata pantai. Saat hari libur, banyak pengunjung yang datang ke pantai-pantai di Pacitan.

Baca juga: Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Ada banyak pantai di Pacitan yang menyajikan panorama yang begitu indah. Salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan adalah Srau. Pantai ini merupakan tujuan wisata favorit karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Pacitan.

Pantau Srau tepatnya terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan hanyalah sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit saja.

Permata putih-nya Pacitan

Jika kamu membayangkan pantai dengan pasir putih berkilau dan air laut yang jernih, maka semua itu tersaji di Pantai Srau. Pasir putih di pantai ini pun begitu lembut, tetapi tidak lengket di kulit sehingga nyaman untuk dipijak.

Hal itu juga membuat Pantai Srau pas untuk bermain air. Meski demikian seperti tipikal pantai di pesisir selatan Jawa, ombak cukup besar sehingga kurang pas untuk aktivitas berenang. Hendaknya kamu tidak terlalu ke tengah saat bermain air.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Kawasan Pantai Srau juga cukup luas sehingga bisa menampung banyak wisatawan. Total ada tiga kawasan pantai pasir putih di Srau ini. Biasanya pengunjung menyebutnya sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3.

Pantai Wayang dengan karang yang berlubang di kawasan Pantai Srau 2.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Wayang dengan karang yang berlubang di kawasan Pantai Srau 2.

Pantai Srau 2 atau yang berada di bagian tengah merupakan tempat favorit wisatawan untuk bermain air. Selain karena pasirnya begitu lembut, Pantai Srau 2 juga bebas dari batu-batu yang terbawa ombak seperti di Pantai Srau 1.

Selain itu, garis pantai pasir putih di Srau 2 juga cukup luas sehingga kamu akan lebih puas saat bermain air di sini. Ada pula karang berlubang di Pantai Srau 2 yang dinamakan Pantai Wayang. Spot itu paling pas untuk latar belakang berfoto.

Baca juga: Sentono Gentong, Memandang Indahnya Pacitan dari Ketinggian

Namun, kamu hendaknya tidak bermain air di karang yang berlubang di Pantai Wayang. Selain arus baliknya yang kuat, kondisi dasar lubang juga terdiri dari lumpur sehingga membahayakan pengunjung.

Cocok untuk sekadar menikmati suasana dan pemandangan

Pantai Srau tetap merupakan tujuan yang pas untuk dikunjungi, meski kamu tidak ingin bermain air. Pantai ini cocok dikunjungi mereka yang ingin sekadar menikmati suasana atau pemandangan nan begitu indah.

Kamu bisa bersanti di beberapa gazebo yang telah dibangun di tepi pantai. Duduk santai sambil menikmati embusan angin laut dan alunan deburan ombak memang begitu mendamaikan.

Wisatawan menikmati keindahan Pantai Srau 3.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisatawan menikmati keindahan Pantai Srau 3.

Kamu juga bisa menjelajah bukit-bukit karang yang berdiri tegak di wilayah Pantai Srau. Pemandangan indah Pantai Srau dengan pasir putihnya dari atas bukit karang sangat layak untuk dinikmati.

Baca juga: Pak Supadi, Saksi Hidup Perjuangan Jenderal Sudirman di Pacitan

Pantai Srau paling pas dikunjugi pada pagi atau sore hari. Jika kamu datang siang, maka teriknya matahari akan sangat terasa. Kamu juga bisa berkemah di Pantai Srau karena bisa menampung banyak tenda.




Close Ads X