Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta, Bisa Jalan Kaki

Kompas.com - 22/02/2024, 15:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata ke Jakarta sepertinya belum lengkap rasanya jika belum ke Kota Tua. Kawasan wisata ini punya daya tarik tersendiri karena menyimpan banyak cerita masa kolonial Belanda di Batavia.

Area ini mudah dijangkau dengan transportasi umum KRL Commuter Line dan Transjakarta. Adapun Stasiun KRL terdekat yaitu Stasiun Jakarta Kota, dan halte terdekat yaitu Halte Kota.

Tempat wisata di Kota Tua terpusat di satu kawasan, jarak antar lokasinya cukup dekat, dan bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Kompas.com merangkum rekomendasi tempat wisata di Kota Tua yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga:

Tempat wisata di Kota Tua

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Museum Fatahillah.

Gedung putih nan megah dan kokoh di kawasan Kota Tua ini menyimpan cerita kelam pada masa pejajahan Belanda di Batavia.

Menambahkan dari Kompas.com (26/3/2023) di sini pernah dilakukan eksekusi mati dan pembantaian massal, sebagai saksi bisu pemerintahan yang brutal. Bukti sejarah tersebut saat ini masih bisa ditemui di Museum Fatahillah.

Wisatawan yang penasaran dengan cerita lengkap masa penjajahan Belanda di Batavia, bisa datang ke Museum Fatahillah. Bila perlu, di sana ada pemandu museum yang akan menceritakan mengenai sejarah di Museum Fatahillah.

Museum ini dibuka untuk umum setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. 

Baca juga:

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.Dok. Jakarta Tourism Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Museum Seni Rupa dan Keramik berada tepat di sebelah gedung Museum Fatahillah. 

Di sini wisatawan bisa belajar mengenai koleksi lukisan, patung, dan sketsa dari seniman-seniman ternama. Selain itu, bisa pula mencoba aktivitas pottery, yaitu membuat kerajinan dari tanah liat.

Wisatawan bisa berkunjung ke sini setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Jika tertarik datang ke Museum Seni Rupa dan Keramik, wisatawan bisa datang langsung ke lokasi dan membeli tiket masuk di pintu masuk.

Baca juga: Lewat Siji, Cara Beda Nikmati Koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik

3. Kulineran

Batavia Corner di gedung Kantor Pos Indonesia, Kota TuaKOMPAS.com/GADING P Batavia Corner di gedung Kantor Pos Indonesia, Kota Tua

Pada sore menjelang malam kawasan Kota Tua akan ramai dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kuliner. Jajaran pedagang makanan ini bisa di ditemui di sepanjang jalan dekat Museum Wayang.

Selain itu, di area Lapangan Fatahillah juga ada kantin ataupun foodcourt yang bisa dikunjungi. Tidak ketinggalan, juga ada lapak sovenir Kota Tua.

Wisatawan yang hendak kulineran di jajaran pedagang kaki lima sebaiknya menyiapkan uang tunai, karena sebagian besar pedagang di sana belum melayani transaksi non-tunai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com