Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Cap Go Meh di Singkawang Dinilai Berdampak Positif bagi Perekonomian Masyarakat

Kompas.com - 25/02/2024, 12:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia, dikenal menggelar perayaan Imlek yang meriah pada setiap tahunnya.

Salah satunya adalah di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Gelaran Imlek di Kota Singkawang ditutup dengan Festival Cap Go Meh pada 22-24 Februari 2024.

Acara tahunan itu pun dinilai bisa mendongkrak perekonomian masyarakat karena menarik kunjungan wisatawan.

Baca juga: Buka Festival Cap Go Meh Singkawang, Sandiaga: Perkembengan Pariwisata Kalbar Luar Biasa

Terlebih, rangkaian acara Imlek di Singkawang sudah masuk ke dalam peringkat 10 dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno pun mengapresiasi pelaksanaan Festival Cap Go Meh.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Saya melihat dampaknya luar biasa, karena UMKM kita di Kota Singkawang ini merasakan peningkatan pemasukan," kata Sandiaga dalam rilis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Minggu (25/2/2024).

Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri penutupan Festival Cap Go Meh 2024 di kawasan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Sabtu (24/2/2024).

Wisatawan berdampak positif terhadap perekonomian Singkawang

Menurut Sandiaga, rangkaian gelaran Imlek hingga Cap Go Meh yang sudah digelar tidak hanya menarik wisatawan yang ingin menyaksikan jalannya acara.

"Wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia ke Singkawang untuk merasakan suasana Cap Go Meh yang dipenuhi dengan berbagai suguhan atraksi dan kuliner yang unik dan menarik," ujar Sandiaga.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata untuk Libur Imlek, Ada Singkawang dan Bangkok

Wisatawan juga kemungkinan tidak akan pulang dengan tangan kosong tanpa terlebih dahulu membeli suvenir.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri acara pembukaan festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (24/2/2024).KOMPAS.com/HENDRA CIPTA Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri acara pembukaan festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (24/2/2024).

"Tentunya mereka akan pulang membawa oleh-oleh berupa kuliner, baju, dan kerajinan tangan. Ini dampak langsung yang dirasakan, permintaan meningkat dan pembukaan lapangan kerja," katanya.

Sandiaga juga menyempatkan diri mengunjungi Kuil Dewi Kwan Im, mencicipi kuliner khas Singkawang di area food court Cap Go Meh, dan menyaksikan lelang barang-barang unik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com