Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Air Terjun di Nganjuk untuk Lepaskan Penat

Kompas.com - 05/03/2024, 13:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin menikmati wisata air yang alami? Mampir ke Nganjuk, Jawa Timur. Ada sederet air terjun di Nganjuk yang terkenal dan memiliki akses mudah.

Rekomendasi lima air terjun di Nganjuk ini memiliki pemandangan yang menyejukkan mata dengan harga tiket masuk per orang yang cukup terjangkau.

Baca juga:

1. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo berlokasi di Jalan Sedudo, Hutan, Sawahan, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Buka dari pukul 07.00-16.00 WIB.

Wisata air di Nganjuk ini memiliki ketinggian mencapai 105 meter. Fasilitas yang ada di air terjun ini dirasa cukup lengkap seperti toilet, warung makan, spot foto, hingga area parkir yang luas.

Harga tiket masuk Air Terjun Sedudo mulai dari Rp 10.000 per orangnya.

2. Air Terjun Coban Unut

Air Terjun Coban Unut berada di Bila, Bajulan, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB.

Coban Unut berada di lereng Gunung Wilis, hawa udara dan airnya dingin sekaligus sejuk untuk melepas penat. Jernihnya air dan suasana tenang bisa memberikan kedamaian tersendiri bagi para pengunjung.

Di sekeliling air terjun, ada rimbunnya pepohonan yang menambah kesejukkan dan pengalaman berkunjung ke wisata Nganjuk satu ini.

3. Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik berlokasi di Area Persawahan, Blongko, Kec. Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Buka 24 jam.

Air terjun alami di Nganjuk yang satu ini memiliki dua cabang yaitu yang tingginya sekitar 35 meter dan 25 meter. Air yang jatuh di wisata alam ini membentuk tirai yang asri.

Hanya saja, untuk bisa menuju ke Air Terjun Sumber Manik, medan yang dituju masih terjal dan menantang. Sebelum masuk ke dalam area air terjun, pengunjung akan melewati area persawahan milik warga.

Patung Roro Kuning di Nganjuk, Jawa Timur.indonesia-tourism.com Patung Roro Kuning di Nganjuk, Jawa Timur.

4. Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning berada di Nglarangan, Bajulan, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Wisata alam di Nganjuk yang satu ini, memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter. Fasilitas di Air Terjun Nganjuk satu ini dirasa cukup lengkap dan dirawat dengan baik. Ada area parkir yang luas, kolam renang, camping ground, dan penawaran aktivitas outbound untuk anak sekolah atau kantor.

Harga tiket masuk Air Terjun Roro Kuning sebesar Rp 5.000 tetapi per wahana yang ingin dicoba, pengunjung perlu membayar uang di luar harga tiket.

5. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo berlokasi di Desa Ngliman, Sawahan. Konon, wisata air di Nganjuk yang satu ini dipercaya menjadi sarana agar cepat bertemu jodoh.

Untuk bisa bermain dan bermandi air di sini, pengunjung perlu berhati-hati karena kedalam kolam sekitar 2,5 meter. Para penjaga pun sering kali mengingatkan wisatawan akan hal tersebut.

Wisata Nganjuk yang satu ini buka setiap pukul 7 pagi hingga sore.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com