Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengunjung di Wisata Seribu Air Terjun Labuan Bajo, Terus Bertambah

Kompas.com - 11/02/2024, 09:09 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Spot wisata Seribu Air Terjun, Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), makin diminati wisatawan mancanegara dan nusantara.

Ketua Pokdarwis Cunca Pias Desa Wae Lolos, Robert Perkasa mengatakan, kunjungan wisatawan makin ramai sejak Juni sampai Desember 2023. Dalam rentang waktu itu, tercatat 1.700 wisatawan yang berkunjung.

Jumlah itu, lanjut dia, merupakan akumulasi dari wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

Baca juga: Wisatawan Padati Seribu Air Terjun di Labuan Bajo, Cek Tarif Masuknya

“Jumlah wisatawan lokal yang berwisata ke Desa Wae Lolos sebanyak 1.220 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 480 orang,” ungkap Robert di spot Wisata Seribu Air Terjun pada Sabtu (10/2/2023).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia menyebut, total 1.700 wisatawan yang berkunjung itu dicatat melalui buku tamu di Tourist Information Centre (TIC) Desa Wisata Wae Lolos.

Baca juga: 31.492 Wisatawan Berkunjung ke Manggarai NTT, Dominan Wisatawan Nusantara

“Total dana kontribusi yang dikumpulkan dari kunjungan wisatwan sebanyak Rp 17 juta,” ujarnya.

Keindahan alam di Seribu Air Terjun

Ia menuturkan wisatawan yang berkunjung sangat menikmati keindahan alam dan beragam destinasi wisata yang ditawarkan.

Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), memilih untuk berwisata (live in) selama 2 hari, dari Kamis (8/2) hingga Jumat (9/2/2023), di Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.Kompas.com/Nansianus Taris Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), memilih untuk berwisata (live in) selama 2 hari, dari Kamis (8/2) hingga Jumat (9/2/2023), di Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Kami selalu pertimbangan masukan pengunjung soal kebersihan spot wisata, sehingga kami jaga betul dan rutin cek jembatan kayu yang rusak demi keselamatan dan kenyamanan wisatawan, ini menjadi prioritas kami tidak boleh ada wisatawan yang lecet," pungkasnya.

Untuk diketahui, tarif masuk ke wisata seribua air terjun itu Rp 5.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com