Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Bandara Terbaik di Dunia 2024, Changi Turun Peringkat

Kompas.com - 20/04/2024, 11:49 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Internasional Hamad (HIA) di Doha, Qatar, dinobatkan sebagai Bandara Terbaik di Dunia 2024 (World's Best Airport 2024) dalam penghargaan tahunan Skytrax World Airport Awards 2024 pada Rabu (17/4/2024).

"Tahun ini HIA merayakan tonggak sejarahnya yang kesepuluh tahun beroperasi dan kami merasa sangat terhormat karena para penumpang memilih kami sebagai Bandara Terbaik di Dunia untuk ketiga kalinya," tutur CEO Qatar Airways Group, Eng. Badr Al Meer, dilansir dari World Airport Awards, Jumat (19/4/2024).

Baca juga: 10 Bandara Tersibuk di Dunia 2023, Banyak di AS

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Hamad juga memenangkan penghargaan untuk kategori Tempat Belanja di Bandara Terbaik di Dunia (World's Best Airport Shopping) dan Bandara Terbaik di Timur Tengah (Best Airport in the Middle East).

Dilansir dari CNN, Bandara Internasional Hamad termasuk bandara yang menawarkan tur kota gratis bagi penumpang tertentu. Fasilitas ini menjadi nilai tambah.

Di bandara ini juga terdapat Oryx Airport Hotel. Pelaku perjalanan bisa menikmati spa, lapangan squash, dan kolam renang setinggi sekitar 24 meter di hotel tersebut. 

Baca juga:

Bandara Changi Singapura di peringkat kedua

Mengalir ke alam yang menawan dengan turunnya air terjun digital yang megah  di aula keberangkatan T2 Bandara Changi, Singapura. Dok. Changi Airport Group Mengalir ke alam yang menawan dengan turunnya air terjun digital yang megah di aula keberangkatan T2 Bandara Changi, Singapura.

Adanya Bandara Internasional Hamad di urutan pertama menggeser Bandara Changi Singapura ke urutan kedua dalam Bandara Terbaik di Dunia 2024.

Bandara Changi Singapura sudah memenangkan penghargaan ini sebanyak 12 kali.

Selama satu dekade terakhir, Bandara Changi dan Bandara Internasional Hamad telah bolak-balik memperebutkan gelar 'yang terbaik di dunia'.

Tahun ini, penghargaan tersebut diberikan kepada Bandara Internasional Hamad, yang memiliki desain ultra-modern, terminal yang mudah dijelajahi, dan tempat belanja mewah.

Sebelumnya Bandara Changi mendapatkan gelar tersebut pada tahun 2023 dan 2020, sedangkan Bandara Internasional Hamad meraihnya pada tahun 2022 dan 2021.

Bandara Changi juga memperoleh penghargaan untuk kategori lainnya yaitu Bandara Terbaik di Asia (Best Airport in Asia) dan Layanan Imigrasi Bandara Terbaik di Dunia (World's Best Airport Immigration Service).

Baca juga: 5 Bandara Indonesia Raih Penghargaan Pelayanan Terbaik di Asia Pasifik

Setiap tahun, situs ulasan dan peringkat maskapai penerbangan dan bandara yang berbasis di Inggris, Skytrax, mensurvei pelaku perjalanan untuk menyusun daftar bandara terbaik di dunia.

Penghargaan ini berdasarkan kuesioner World Airport Survey yang diikuti oleh pengguna bandara dari lebih dari 100 kebangsaan.

Dilakukan dari Agustus 2023 hingga Maret 2024, survei ini mengevaluasi pengalaman pengguna terkait berbagai layanan bandara dan indikator kinerja utama produk, dari check-in, kedatangan, transfer, belanja, sampai keamanan/imigrasi.

Data untuk daftar tersebut dikumpulkan antara Agustus 2023 hingga Maret 2024 dari responden yang berasal dari lebih dari 100 negara. 

Baca juga: 5 Bandara di Indonesia Dinilai Paling Menyenangkan di Asia Pasifik 2023

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com