Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Jadi Pesawat Pertama yang Terbang ke Bandara Dhoho di Kediri

Kompas.com - 05/04/2024, 18:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Citilink jadi maskapai penerbangan pertama yang beroperasi di Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur. Penerbangan tersebut sekaligus menandai mulainya operasional bandara ini.

"Hari ini menjadi momen bersejarah bagi Bandara Dhoho Kediri yang untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial berjadwal oleh Citilink Indonesia," tutur Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports), Faik Fahmi lewat keterangan resmi, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: 35 Desa Wisata Disiapkan untuk Sambut Operasional Bandara Dhoho Kediri

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG752 terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta) di Tangerang, Banten.

Pesawat tersebut lalu mendarat di Kediri pukul 09.40 WIB, dengan mengangkut 175 penumpang. 

Penerbangan rute ini akan tersedia dua kali dalam sepekan, tepatnya setiap hari Selasa dan Sabtu.

Baca juga:

Situasi di Bandara Dhoho Kediri, Jumat (5/4/2024). Kompas.com/Agus Fauzul Situasi di Bandara Dhoho Kediri, Jumat (5/4/2024). Kompas.com/Agus Fauzul

Faik optimistis bahwa penerbangan lainnya akan mengikuti jejak penerbangan Citilink. Dengan demikian, hal itu bisa memberi multiplier effect untuk perkembangan perekonomian dan pariwisata di Jawa Timur, khususnya Kediri.

Untuk diketahui, Bandara Dhoho dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) sejak Jumat (29/3/2024), berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara AP I dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Baca juga: Rute ke Candi Penataran, Peninggalan Kerajaan Kediri hingga Majapahit di Blitar

Bandara ini dilengkapi runway berdimensi 3.300 meter x 45 meter yang bisa melayani pesawat berbadan besar (wide body) Boeing 777-300 ER. 

Selain itu, ada pula terminal penumpang berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun, apron komersial berkapasitas 12 pesawat berbadan kecil (narrow body) dan tiga pesawat berbadan besar, serta apron VIP berkapasitas empat pesawat kecil (small aircraft) dan satu pesawat berbadan kecil.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com