Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Everest, Atap Dunia yang Penuh Sampah

Kompas.com - 30/04/2024, 17:07 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Saat musim pendakian gunung Himalaya tahun 2024 akan dimulai, proyek ketinggian lainnya sedang dalam pengerjaan: menyingkirkan berton-ton sampah dari Gunung Everest.

Menurut tentara Nepal, Kampanye Pembersihan Gunung telah mengumpulkan 110 ton sampah antara tahun 2019, saat program ini dimulai, hingga tahun 2023.

Angkatan darat, yang melakukan inisiatif pembersihan dalam kemitraan dengan merek multinasional Unilever, akan mengepalai aktivitas ini lagi tahun 2024.

Baca juga: Pendaki Gunung Everest Harus Bawa Pulang Kotoran Mereka Sendiri, Kenapa?

Dua belas anggota militer, didukung oleh 18 Sherpa, akan tiba di Everest Base Camp pada tanggal 14 April untuk memulai pekerjaan.

Melansir dari CNNTravel, Senin (29/04/2024) Selain menyingkirkan sekitar 10 ton sampah, tentara mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana untuk membawa lima mayat dari gunung tersebut. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Mayat-mayat ini adalah para pendaki yang tewas saat mencoba mencapai puncak tertinggi di dunia.

Pada tahun 2023, 12 pendaki telah dikonfirmasi tewas di Everest, dengan lima pendaki lainnya masih belum ditemukan.

Baca juga: Pendaki Gunung Everest Wajib Pakai Chip Pelacak demi Keselamatan

Saat ini, sebagian besar pendaki yang mencoba mendaki puncak Himalaya setinggi 8.849 meter melakukannya melalui Nepal.

Kepadatan pendakian Everest

Tahun lalu, pemerintah Nepal mengeluarkan 478 izin pendakian Everest yang merupakan rekor tertinggi. Namun, itu bukanlah jumlah total orang yang akan berada di gunung, karena pemandu Sherpa, staf pendukung, dan lainnya hadir bersama kelompok pendaki.

Akibatnya, kepadatan penduduk dan sampah telah menjadi dua masalah terbesar yang mengganggu Everest dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu masalah lingkungan terbesar adalah limbah manusia.

Ilustrasi base camp Gunung Everest di Khumjung, Nepal.Dok. Unsplash/Michael Clarke Ilustrasi base camp Gunung Everest di Khumjung, Nepal.

Musim pendakian tahun 2024 akan menjadi musim pendakian pertama yang mewajibkan semua pendaki untuk menggunakan kantung sampah yang didistribusikan pemerintah dan membawa kembali sampah mereka dari kamp-kamp di gunung yang lebih tinggi.

“Setiap orang menghasilkan 250 gram (8,8 ons) kotoran per hari dan mereka akan menghabiskan dua minggu di kamp-kamp yang lebih tinggi untuk mencapai puncak,” kata Diwas Pokhrel, wakil presiden pertama Asosiasi Pendaki Everest, mengutip dari CNNTravel, Senin (29/04/2024).

Baca juga: Everest Bukanlah Gunung Tertinggi

Selain itu, tahun 2024 akan menjadi tahun pertama bagi semua pendaki Everest untuk mendapatkan chip pelacak, yang dapat membantu misi pencarian dan penyelamatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com