Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planetarium Jagad Raya Tenggarong di Kaltim: Lokasi dan Tiket Masuk

Kompas.com - 13/05/2024, 12:39 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Tahukah kamu, di Kalimantan Timur ternyata ada planetarium untuk mengetahui lebih jauh soal tata surya. Namanya Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Diresmikan tahun 2003 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu Hamzah Haz, Planetarium Jagad Raya Tenggarong saat ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kutai Kartanagara.

Baca juga: Wings Air Buka Rute Balikpapan-Melak Kutai Barat PP, Cek Jadwalnya

Dilansir dari Antara, Senin (13/5/2024), planetarium ini dilengkapi kubah yang diameternya sekitar 11 meter dan proyektor buatan Amerika Serikat, Planetarium Digistar 7. 

Jika tertarik berkunjung, simak informasi soal lokasi, fasilitas, dan tiket masuk Planetarium Jagad Raya Tenggarong. 

Baca juga:

Lokasi dan fasilitas Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Planetarium Jagad Raya Tenggarong juga menyuguhkan film edukatif lainnya tentang fenomena alam semesta.Dok. ANTARA/Ahmad Rifandi Planetarium Jagad Raya Tenggarong juga menyuguhkan film edukatif lainnya tentang fenomena alam semesta.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong beralamat di Jalan Diponegoro, Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Letaknya bersebelahan dengan Museum Mulawarman. 

Terdapat Ruang Teater untuk pengunjung menikmati pertunjukan tematik berdurasi 45-60 menit, mulai dari soal Bima Sakti, gerhana, astronomi, dan planet. 

Ada pula area luar yang kerap dijadikan lokasi acara, ruang pameran, observasi langit, suvenir yang berkaitan dengan ruang angkasa, toilet, mushala, dan lobi. 

Sebelum datang ke lokasi, calon pengunjung diimbau melakukan reservasi terlebih dahulu. Apalagi saat hari libur atau akhir pekan yang merupakan puncak keramaian pengunjung. 

"Rata-rata pengunjung tiap hari sekitar 200-300 orang. Sepekan pada momen Lebaran bisa tembus hingga 3.000 pengunjung," ucap pengelola Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Wedy Handoko.

Baca juga:

Tiket masuk Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Dikutip dari akun Instagram resmi Visiting Kutai Kartanegara, harga tiket masuk Planetarium Jagad Raya Tenggarong mulai Rp 15.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 10.000 untuk pengunjung anak.

Jam operasional tempat wisata ini mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Baca juga: Ke Kutai Kartanegara, Apa Saja Wisatanya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com