Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Pantai Nangasule di Sikka, NTT, Ada Taman Baca Mini

Kompas.com - 21/05/2024, 13:38 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

SIKKA, KOMPAS.com - Pantai Nangasule jadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang kian gandrungi para pengunjung. Pantai ini belum banyak dikenal karena jarang terekspos.

Pantai Nangasule terletak di Desa Wodamude, Kecamatan Magepanda. Perjalanan ke pantai ini bisa ditempuh sekitar satu jam dari Maumere, Ibu Kota Kabupaten Sikka.

Baca juga: 5 Wisata di Pantai Utara Sikka, NTT, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Jalannya mulus, hanya sedikit berlubang di beberapa titik. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, atau bahkan bersepeda.

Dari Maumere, arahkan kendaraan menuju utara melewati beberapa wilayah, seperti Wailiti, Nangahure, Waturia, Kolisia.

Saat memasuki Tanjung Kajuwulu, pengunjung disuguhkan pemandangan laut dan bukit. Jika sudah sampai di titik ini, pelankanlah laju kendaraan karena kedua lokasi ini berdekatan.

Setibanya di Kampung Fata, parkirkan kendaraan di lokasi yang aman. Kemudian berjalanlah kaki menuju lokasi sekitar lima menit.

Baca juga:

Pantai Nangasule, cocok jadi tempat baca buku

Foto : Tanjung Kajuwulu, salah satu destinasi yang tengah fokus dikembangkan Dinas Pariwisata, Kabupaten Sikka, NTT.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Tanjung Kajuwulu, salah satu destinasi yang tengah fokus dikembangkan Dinas Pariwisata, Kabupaten Sikka, NTT.

Salah satu pengunjung, Amira Daba (13), mengaku takjub dengan keindahan Pantai Nangasule. Apalagi tempat itu dikelilingi pohon bakau yang rindang, membuat siapa pun yang datang jadi betah.

"Udaranya sangat sejuk. Ada banyak spot foto, di sini juga disiapkan buku bacaan," ujar Amira kepada Kompas.com, Selasa (21/5/2024).

Amira melanjutkan, hampir setiap akhir pekan ia bersama teman-temannya datang ke Pantai Nangasule. Mereka tidak hanya sekadar berekreasi, tapi juga belajar tentang alam.

Ia pun berharap pantai itu agar Pantai Nangasule tetap terawat.

Baca juga: Kampung Sikka NTT Diharapkan Jadi Pilihan Destinasi Wisata Rohani

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Maria Magdalena Moi (28), menyampaikan, penataan Pantai Nangasule mulai dilakukan sejak tahun 2023 dengan melibatkan warga setempat dan Komsos Keuskupan Maumere.

"Penataannya mulai tahun lalu dan semua menggunakan bahan lokal. Mereka membangun lopo, tempat duduk, dan taman baca mini," ujar Magdalena.

Ia menambahkan, terkadang pengunjung yang datang betah berekreasi sampai sore hari. Sebab, salah satu momen yang ditunggu adalah saat sunset atau matahari terbenam.

Magdalena berharap Pantai Nangasule terus dikenal agar lebih banyak lagi pengunjung yang datang.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com