Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Festival Penyedot Turis Tahun 2014

Kompas.com - 31/12/2014, 22:43 WIB
KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2014, setiap daerah berlomba-lomba membuat festival untuk masuk sebagai agenda pariwisata nasional dalam menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri. Berikut 12 festival catatan Kompas Travel yang mampu menarik wisatawan untuk datang ke daerah tersebut.

1. Festival Cap Go Meh

Menjelang Festival Cap Go Meh pada 14 Februari 2014, tingkat hunian hotel berbintang di Pontianak, Kalimantan Barat hampir penuh. Sedangkan menjelang perayaan Imlek 2565 yang jatuh pada 31 Januari 2014 tingkat okupansi hotel masih tergolong normal. (Baca: Cap Go Meh di Singkawang, Agenda Tahunan untuk Menarik Turis).

ARSIP KEMENPAREKRAF Parade Tatung dalam Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014).
"Tingkat hunian hotel untuk periode Imlek belum banyak peningkatan, seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya tidak terlalu ramai. Untuk periode Cap Go Meh pemesanan kamar sudah 90 persen. Biasanya satu minggu menjelang Cap Go Meh kamar sudah penuh," ujar General Manager Hotel Santika Pontianak, Agus Suyatna kepada Tribun Pontianak, Rabu (22/1/2014).

Menurut Agus, menyambut Imlek, Santika Pontianak menawarkan paket kamar long weekend dengan harga spesial dari 31 Januari sampai 2 Februari 2014 serta spesial menu steamboat dan dimsum makan sepuasnya dengan harga Rp 175.000 net per orang. (Baca: Mari Elka Pangestu: Setelah 10 Tahun Kembali ke Singkawang)

2. Festival Legu Gam

Festival Legu Legam diselenggarakan pada 13 hingga 16 April 2014 di Lapangan Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara. Penyelenggaraan festival ke-13 ini mengangkat tema "Ekspedisi Kie Raha Satukan Nusantara". (Baca: Pawai Obor Awali Festival Legu Gam)

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Para peserta kirab budaya bersiap-siap di lapangan Ngara Lamo, Ternate, Maluku Utara, Senin (14/4/2014). Kirab tersebut merupakan bagian dari Festival Legu Gam ke-13 yang berlangsung hingga 26 April. Festival menampilkan berbagai kegiatan lainnya seperti fashion street dan jelajah Samudera Kie Raha, yang sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun ke-79 Sultan Ternate.
"Kie itu berarti burung, dan Raha berarti empat. Kami memilih tema ini karena dengan adanya empat kesultanan yang ada di wilayah Maluku Utara, kami ingin mmpersatukan nusantara di bumi Indonesia Timur yang diawali dengan persatuan empat kesultanan ini," ujar Permaisuri Sultan Ternate, Boki Ratu Nita Buddhi Susanty di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Menurut dia, festival ini juga bertujuan untuk menggali potensi alam dan budaya di Maluku. (Baca: Ramainya Pasar Malam di Festival Legu Gam)

Selama dua minggu Festival Legu Gam akan dimeriahkan dengan rangkaian acara antara lain pawai dari Keraton menuju Lapangan Ngaro Lamo, prosesi adat, pawai obor, kirab budaya, pertunjukan seni tari tradisional. (Baca: Wah, Mahkota Sultan Ternate Bertabur 113 Batu Permata)

3. Festival Teluk Jailolo

Festival Teluk Jailolo merupakan sebuah pesta budaya dan pariwisata yang secara rutin diselengarakan oleh Pemkab Halmahera Barat, Maluku Utara yang berlangsung 29-31 Mei 2014.

Beberapa rangkaian acara yang menjadi highlight Festival Teluk Jailolo 2014.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Upacara adat Jailolo, 'Sigofi Ngolo' dalam Festival Teluk Jailolo 2014 di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Jumat (30/5/2014).
Sigofi Ngolo. Iring-iringan kapal dengan hiasan yang ramai, serta musik perkusi akan bergerak sejak pagi hari dari Teluk Jailolo menuju Pulau Babua yang dianggap keramat. (Baca: Sigofi Ngolo, Ritual Bersih Laut di Teluk Jailolo)

Horom Sasadu. Dalam setahun, acara makan adat digelar dua kali yang biasanya diadakan pada bulan Maret dan Juni.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com