Mari Elka Pangestu: Setelah 10 Tahun Kembali ke Singkawang

Kompas.com - 21/02/2014, 14:56 WIB
Menparekraf Mari Elka Pangestu membuka Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014). ARSIP KEMENPAREKRAFMenparekraf Mari Elka Pangestu membuka Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014).
EditorI Made Asdhiana
SETELAH 10 tahun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (57) akhirnya kembali menginjakkan kakinya di Singkawang, Kalimantan Barat. Mari ke Singkawang untuk menghadiri Festival Cap Go Meh yang digelar di Singkawang pada Jumat (14/2/2014) pekan lalu.

”Festival Cap Go Meh di Singkawang ini merupakan festival Cap Go Meh yang dapat dikatakan terbesar di Indonesia karena menyedot begitu banyak perhatian wisatawan. Salah satu yang menarik adalah adanya ritual tatung yang hanya dilakukan di Singkawang,” kata Mari.

Ritual tatung adalah ritual yang berakar dari ritual pengobatan tradisional. Ritual ini menjadi salah satu bagian dalam Festival Cap Go Meh sebagai simbol pembersihan terhadap hal-hal buruk yang terjadi pada tahun lalu demi menyambut tahun baru yang lebih baik. Ritual ini ditampilkan dalam atraksi kekebalan tubuh dari penggunaan benda-benda tajam.

Menurut Mari, selain Festival Cap Go Meh yang setiap tahun menyedot wisatawan lokal ataupun asing hingga 80.000 orang, Singkawang juga memiliki daya tarik wisata lain. Seperti keberadaan kelenteng yang jumlahnya sangat banyak.

”Dengan daya tarik itu, Singkawang bisa menjadi kota kreatif berbasis kriya. Ini sudah diusulkan kepada Wali Kota Singkawang dan beliau siap membawa Singkawang menjadi kota kreatif kriya,” ujar Mari. (DOE)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X