Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Wisata ke Luar Negeri dengan Hewan Peliharaan

Kompas.com - 11/02/2015, 16:08 WIB
Callista Oktavia Lembing

Penulis

Sumber CNN Travel
KOMPAS.com - Kini, beberapa hotel berbintang di dunia memperbolehkan tamu membawa hewan peliharaannya. Di Indonesia, sudah ada beberapa hotel yang memiliki kebijakan serupa.

Tak hanya itu, beberapa maskapai penerbangan juga kini mengizinkan penumpang membawa hewan peliharaan. Pun, pelayanan imigrasi hewan peliharaan yang memfasilitasi perjalanan internasional, menjadi hal yang tak asing.

Kemudahan-kemudahan ini bisa menjadi kesempatan penyayang binatang untuk berwisata dengan hewan peliharaan mereka. Berikut tips jika Anda hendak berwisata bersama hewan peliharaan Anda.

Pilihan Maskapai Penerbangan.

Situs Petfriendlytravel.com bisa membantu Anda untuk merencanakan perjalanan bersama hewan Anda. Situs ini mempunyai daftar maskapai penerbangan yang memperbolehkan wisatawan membawa hewan peliharaan mereka dan syarat-syarat yang harus diperhatikan.

Di antara maskapai-maskapai penerbangan ini salah satunya yang pet-friendly atau ramah pada hewan peliharaan adalah Virgin Atlantic. Mereka memberikan poin rewards tersendiri untuk hewan Anda. Hewan peliharaaan mengumpulkan poin ‘paw prints’ yang dapat ditukarkan untuk hadiah seperti baju-baju hewan.

Para pemilik juga harus cermat dalam membaca syarat saat memesan tiket untuk hewan peliharaan mereka. Contohnya, Air France yang memperbolehkan beberapa hewan yang boleh naik ke dalam kabin atau di bagian bagasi, tetapi untuk beberapa jenis anjing seperti pitbull tidak diperbolehkan sama sekali. Sedangkan untuk musang, dan burung harus menggunakan kargo.

Singapore Airlines mensyaratkan hewan Anda untuk memiliki sertifikat kesehatan. Tetapi tidak memperbolehkan mereka untuk berada di dalam kabin.

Paspor hewan.

Selanjutnya adalah imigrasi. Aturan imigrasi untuk hewan peliharaan sangatlah spesifik untuk setiap negara. Anda perlu membuat paspor untuk hewan anda. Paspor ini adalah semua dokumen yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam suatu negara, termasuk identifikasi hewan Anda. Situs Pettravel.com memiliki semua daftar negara beserta aturan-aturannya, juga memiliki opsi untuk membeli dokumen-dokumen ini secara online.

Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan misalnya surat kesehatan hewan dan surat vaksin rabies dari dokter hewan. Ada pula surat izin membawa hewan ke luar negeri dan surat rekomendasi dari Dirjen Peternakan RI.

Latih hewan peliharaan Anda.

Langkah selanjutnya adalah melatiih menahan kencing. Anda harus mempersiapkan hewan Anda, seperti anjing dan kucing, untuk perjalanan panjang dan membiasakan mereka berada di dalam kandang untuk waktu yang lama.

“Jangan hanya taruh mereka di dalam kandang sehari sebelum berangkat. Ini harus menjadi sebuah transisi, Anda harus melatih anjing Anda untuk menahan kencing, seperti latihan untuk lari marathon,” kata Cesar Milan, seorang pelatih anjing yang terkenal melalui acara televisi “Dog Whisperer”.

Lakukan hal ini seperti proses bertahap. Contohnya untuk penerbangan selama 14 jam. Jadi latihlah hewan Anda secara bertahap untuk menunggu selama dua jam, lalu empat, enam, delapan, dan seterusnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com