Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehidupan Delta Sungai Merah

Kompas.com - 29/07/2015, 10:28 WIB
PESAN propaganda pemerintah yang disampaikan melalui pelantang di perempatan jalan desa menandai pagi warga di Komune Giao Xuan, Distrik Giao Thuy, Provinsi Nam Dinh, Vietnam, yang berada di delta Sungai Merah. Daratan luas yang dibentuk dari Sungai Song Hong itu telah menjadi sumber kehidupan warganya sebagai petani dan nelayan.

Warga bergegas menjalani rutinitas dengan mengenakan caping dan topi bulat warna hijau untuk menghalau panas sinar matahari yang mulai meninggi. Perahu dan sampan berjalan pelan membelah muara sungai yang berada di antara kawasan mangrove yang mulai tumbuh dan terawat baik.

Rumah-tumah panggung kembali kosong ditinggalkan nelayan mencari kerang dan ikan di sekitar muara. Kehidupan nelayan beranjak membaik seiring program konservasi mangrove yang dilakukan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat untuk melindungi delta Sungai Merah.

Program konservasi ini serius dilakukan dengan membuat Taman Nasional Xuan Thuy seluas 7.000 hektar. Hal itu dilakukan untuk melindungi kawasan delta Sungai Merah sebagai kawasan pertanian yang penting di Vietnam Utara. Selain pertanian dan perikanan, ekowisata mulai dikembangkan menjadi wisata alternatif. (P Raditya Mahendra Yasa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com