Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Vegetarian Indonesia Perlu Dipromosikan

Kompas.com - 30/10/2015, 15:13 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berpotensi menjadi destinasi kuliner vegetarian bagi para wisatawan mancanegara. Promosi menu-menu kuliner vegetarian diperlukan untuk mengenalkan kepada wisatawan mancanegara.

"Tapi nggak mesti klaim vegetarian. Jadi menu-menu vegetarian dipromosikan. Misalnya gado-gado kan bisa vegetarian," kata koki dan food consultant, Petty Elliott kepada KompasTravel usai acara "Tasting Good Karma Dining" di Restoran Lobo The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Kamis (29/10/2015).

Menu-menu seperti gado-gado dan rujak dapat menjadi pilihan menu vegetarian untuk wisatawan mancanegara. Namun, menurut Petty, menu-menu kuliner perlu dijelaskan lebih detail dan variasi menu lebih banyak ditawarkan.

"Kalau semua restoran memberikan menu 100 persen vegetarian pasti menarik," tambahnya.

Dalam rangka promosi kuliner vegetarian kepada wisatawan mancanegara, Patty mengakui terdapat tantangan sendiri yakni kesulitan bagi restoran yang memposisikan sebagai penyaji kuliner vegetarian. Ia beralasan tidak semua wisatawan mancanegara adalah vegetarian.

"Restoran apa saja, menurut saya, akan lebih baik jika mendedikasikan menunya itu mungkin lima macam menu yang benar-benar diproses secara vegetarian," lanjutnya.

Promosi kuliner vegetarian dengan sejelas-jelasnya lebih baik daripada memposisikan restoran vegetarian. Pemberian informasi cara pembuatan dan bahan kuliner vegetarian, menurut Patty, adalah salah satu cara untuk branding dan promosi ke wisatawan mancanegara.

"Selain itu, juga komunikasi antar chef. Benar-benar harus transparans. Chef harus dapat menciptakan menu yang enak tapi vegetarian," tambah Petty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com