Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Muncar Digarap Menjadi Kampung Wisata Berbasis Nelayan

Kompas.com - 11/04/2016, 14:19 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menko Kemaritiman Rizal Ramli saat berkunjung di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2016) menjelaskan untuk meningkatkan penghasilan nelayan harus diselaraskan dengan pariwisata. Contohnya dengan membuka kampung wisata berbasis nelayan.

"Harus ada konsep sustainable ocean yaitu pemanfaatan sektor kelautan secara berkelanjutan salah satunya adalah membuka kampung wisata nelayan. Jadi jika hasil laut tidak menentu maka ada penambahan penghasilan bagi nelayan di darat dari bidang pariwisata," jelasnya.

Rizal menjelaskan ada sekitar 30 tempat di Indonesia yang bisa digarap menjadi kampung wisata berbasis nelayan. Salah satunya adalah Pelabuhan Muncar di Banyuwangi.

Yang terpenting, menurut Rizal Ramli, adalah kebersihan dan fasilitas pendukung sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman.

"Di Pelabuhan Muncar contohnya, ikannya segar dan melimpah. Ukiran dan hiasan perahu-perahunya juga unik dan ini sangat menarik serta tidak dimiliki oleh nelayan di tempat lain," ungkapnya,

Rizal Ramli memastikan jika pelabuhan Muncar akan mejadi salah satu tempat yang akan dikembangkan menjadi kampung wisata berbasis nelayan yang hijau, green fishing village.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel mengaku optimistis untuk menjadikan kawasan pelabuhaan Muncar menjadi obyek wisata dengan konsep kampung wisata berbasis nelayan.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi
Saat ini, menurut Anas, di Banyuwangi ada 25.000 nelayan dengan produksi ikan pada tahun 2015 sebanyak 85.000 ton per tahun.

"Jumlah nelayan dan produksi ikan yang terus meningkat adalah potensi bagi Banyuwangi dan tahun ini Pemkab Banyuwangi akan mengadakan Festival Pasar Ikan di Pelabuhan Muncar yang berdekatan waktunya dengan acara Petik Laut," kata Anas.

"Semoga dengan event tersebut masyarakat nelayan di Muncar menjadi terbiasa menerima kunjungaan wisatawan serta mengubah pola hidup agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan," tambah Bupati Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com