Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Tips Jika Terjadi Teror di Negeri Orang

Kompas.com - 22/07/2016, 18:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Kudeta yang terjadi di Turki beberapa waktu lalu membuat wisatawan kuatir. Diana dan Jeff adalah pasangan travel blogger asal Indonesia yang terjebak di Ataturk Airport, Istanbul.

Pasangan itu tak pernah menyangka akan menghadapi teror seperti ini di negeri orang. Namun jika sewaktu-waktu hal itu menimpa Anda, berikut beberapa tips seperti dihimpun KompasTravel.

Selamatkan diri

Terkadang kepanikan akan membuat Anda susah berpikir logis. Namun Anda harus tetap fokus dengan keselamatan diri Anda dan keluarga. Jangan terlalu cepat mengikuti arus orang-orang yang berlarian ketika panik. Apabila memungkinkan, Anda bisa mencari tempat berlindung yang lebih aman. Hindari dan menjauh dari tempat yang menjadi titik serangan.

"Kami lebih memilik berlindung dibalik tembok dibandingkan ikut berlari dengan orang lain yang begitu banyak. Resiko kita terinjak-injak akan lebih besar," ujar Jeff yang menjelaskan cara mereka berlindung kepada KompasTravel pada Kamis (21/07).

Jangan memberontak

Jangan pernah memberontak ataupun memaksa untuk meminta kejelasan. Anda harus mengikuti apa yang terjadi dan menjaga ketenangan. Apabila Anda memberontak dan meminta untuk keluar dari kekacauan yang terjadi, Anda hanya akan memperburuk masalah.

Jeff dan Diana mengatakan, mereka tahu petugas otoritas bandara tidak mau berbicara tentang apa yang terjadi. Maka dari itu mereka memutuskan untuk mengamankan diri dan menunggu kejelasan.

Jangan Panik

Semua orang pasti akan panik dalam situasi menegangkan seperti yang dialami Jeff dan Diana. Namun sebisa mungkin berusahalah untuk tidak terlalu panik. Berlindunglah di tempat yang lebih aman dan terus perhatikan sekitar. Jangan berlari terlalu cepat mengikuti kerumunan orang karena Anda akan kehabisan tempat berlindung. Anda bisa mencari tempat yang lebih aman, di balik tembok misalnya.

Saat Anda harus berlari, peganglah barang dalam satu tas. Jangan tinggalkan barang-barang penting seperti paspor Anda. Anda bisa mengemas barang-barang penting di dalam satu tas yang selalu Anda pegang.

Persediaan makanan

Salah satu hal yang harus dipikirkan adalah persediaan makanan. Seperti yang dilakukan oleh Jeff dan Diana saat pertama kali mendengar bahwa semua penerbangan pada saat itu mengalami delay dan mereka tidak tahu kapan akan berangkat ke Jakarta.

Situasi seperti kudeta di Turki beberapa waktu lalu pasti berdampak pada tutupnya restoran atau gerai makanan. Anda bisa mempersiapkan diri dengan membeli makanan dan minuman yang dijual di toko atau minimarket terdekat.

Survive dan gunakan travel agent terpercaya

Apabila berpergian bersama keluarga dan pasangan, pastikan untuk selalu bersama dan tidak memisahkan diri. Namun apabila Anda pergi seorang diri, pastikan diri Anda untuk selalu bisa survive.

Untuk Anda yang akan berlibur dan menggunakan travel agent, sebelum Anda pergi pastikan Anda menggunakan travel agent terpercaya dan mampu membimbing Anda di saat genting sekalipun. Biasanya mereka memiliki akses yang lebih baik untuk mencari tahu informasi.

"Kemarin ada salah satu travel agent ,mereka bisa membimbing rombongan tournya dengan baik dan bisa bernegosiasi untuk segera berangkat menuju Jakarta," jelas Diana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com