Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelawat dan Sate Tulang nan Eksotis

Kompas.com - 28/02/2017, 09:25 WIB

KALIMANTAN tak hanya lekat dengan keelokan alam dan kekayaan sungainya. Dari sana, aneka kuliner lezat pun tercipta.

Aroma kenikmatan kuliner asal Kalimantan mulai bertaburan di sekitar kita. Dalam sepiring makanan, kita diajak mengenal Borneo.

Harum bawang putih, serai, dan jahe menyeruak bersama datangnya seporsi ikan tim. Ikan utuh berukuran 25 sentimeter itu ”berenang” di atas kuah berwarna coklat kehitaman. Asap tipis meninggalkan kuah yang masih meletup-letup.

Hangatnya ikan tim ini sungguh sayang jika diabaikan sedetik jua. Daging ikan berwarna putih segera terangkat bersama kuahnya. Rasa segar dan nikmat langsung menyapa lidah di suapan pertama.

Sepintas, ikan itu mirip dengan ikan bandeng. Hanya bagian perutnya lebih lebar. Juga sisiknya tebal. Rupanya, itu adalah ikan jelawat yang asli Kalimantan.

(BACA: Menikmati Menu Ikan Bakar Sekali Mati di Manado)

Di tangan koki Warung Rawit di Flavor Bliss Alam Sutera, Serpong, ikan itu tak hanya nikmat disantap, tetapi juga enak dipandang.

Taburan bawang putih cincang dan irisan bawang merah goreng ditaburkan di atas ikan. Beberapa bawang putih utuh yang dikeprak sekali, irisan serai, dan jahe juga dipadukan di situ hingga sisik si jelawat hanya tampak samar.

Meskipun besar, sisik ikan ini sangat enak dimakan karena tidak keras.

Adapun kuah yang menemani ikan tim ini merupakan perpaduan kecap dan sejumlah saus.

”Ini ikan sungai asli dari sungai di Kalimantan. Ikan ini memang dipasok langsung dari Kalimantan,” kata Liza Djohan, pemilik Restoran Warung Rawit, Flavor Bliss Alam Sutera, Kamis (23/2/2017).

Selain ikan tim, sayur pakis asli dari Kalimantan juga bisa dijumpai di sini. Pakisnya panjang dan langsing dengan kuncup serupa kancing yang belum mekar. Pakis ini berbeda dengan pakis yang ada di Jakarta.

KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU Suasana Warung Rawit yang menyajikan kuliner khas Kalimantan.
Sayur pakis diolah dalam tiga variasi menu, salah satunya cah sayur pakis udang singkawang. Sesuai namanya, pakis dan udang ditumis dengan bawang putih.

Sebagai pelengkap, ditambahkan potongan cabai merah. Pengolahan yang pas membuat pakis masih krenyes saat dikunyah.

Pilihan menu lain adalah ayam goreng singkawang, gulai keong nenek, gurami kare singkawang, dan gurami asam pedas. Nikmati juga sup sayur asin yang dimasak bersama ikan kakap atau gurami. Rasanya, asam dan segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com