Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angkasa Pura Gandeng Asita Promosikan Pariwisata Biak

"Beragam keindahan obyek wisata dimiliki Biak sangat berpotensi menarik minat pelancong, ya keindahan alam Biak harus dipromosikan sehingga menarik kunjungan turis ke Pulau Biak," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo, Minggus ET Gundiguai dihubungi di Biak, Rabu (22/2/2017).

Ia mengatakan ketertarikan wisatawan mengunjungi suatu daerah karena akan melihat keindahan alami dan berbagai obyek wisata sejarah peninggalan Biak.

(BACA: Biak Kembangkan Wisata Selancar)

Upaya menarik kunjungan wisatawan ke Biak, menurut Minggus, perlu dilakukan bersama antara pemerintah daerah, BUMN, pelaku usaha pariwisata hingga masyarakat adat.

Minggus mencontohkan, saat berkunjung ke salah satu obyek wisata di Vietnam keterlibatan masyarakat lokal dalam mengelola pariwisata sangat nyata.

(BACA: Oleh-oleh Antimainstream dari Biak)

Angkasa Pura I Biak, lanjut Minggus, sejak tahun 2016 telah menempatkan putra-putri asli Papua sebagai petugas duta pariwisata kawasan Bandara Frans Kaisiepo.

"Duta pariwisata Bandara Frans Kaisiepo Biak akan memberikan informasi kepada penumpang menyangkut tempat tujuan wisata di wilayah Biak," ungkapnya.

Minggus mengakui, sebagai duta pariwisata yang ditempatkan di areal Bandara Frans Kaisiepo harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris serta mempunyai wawasan informasi tentang kepariwisataan di Provinsi Papua.

Minggus berharap, dengan adanya tenaga duta pariwisata bandara diharapkan ikut membantu Pemkab Biak dan dinas pariwisata untuk mempromosikan potensi pariwisata di Biak dan sekitarnya.

"Bandara Biak merupakan pintu masuk ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat sehingga perlu disiapkan tenaga khusus duta pariwisata," demikian Minggus.

Hingga Rabu duta pariwisata di Bandara Frans Kaisiepo terlihat memberikan informasi kepada penumpang yang tiba dan berangkat tentang obyek wisata dimiliki Kabupaten Biak Numfor.

https://travel.kompas.com/read/2017/02/22/095731127/angkasa-pura-gandeng-asita-promosikan-pariwisata-biak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke