Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Yalong Bay, "Hawaiinya" China

Sanya memiliki pantai yang indah dan menjadi incaran wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara. Mau tahu namanya? Yalong Bay.

Pulau Hainan merupakan pulau beriklim tropis yang dimiliki China. Birunya laut dan pantai berpasir putih banyak terdapat di sebelah timur pulau ini. Yalong Bay salah satunya.

Sabtu (14/10/2017), KompasTravel bersama Ayo Wisata serta travel agent dari Jakarta, Bandung dan Semarang mengunjungi pantai ini.

Provinsi Hainan tak mau menyia-nyiakan kawasan pantai yang dimiliknya untuk mendatangkan wisatawan, baik wisatawan China turis asing.

Bagi Provinsi Hainan, wisatawan domestik merupakan pasar besar bila digarap serius. Yalong Bay sebagai destinasi wisata bahari China merasakan polesan itu. Di kawasan ini berdiri hotel-hotel berbintang jaringan internasional.

Berjalan kaki dari tempat parkir bus menuju kawasan pantai, jalanan semakin dipenuhi wisatawan baik dari China maupun mancanegara.

Tak ketinggalan toko-toko suvenir menjajakan produk-produk menarik kerap dipenuhi wisatawan untuk membeli oleh-oleh.

Kadang di bawah pohon terlihat instrukur selam memberikan penjelasan seputar teknik penyelaman kepada peserta yang dengan tekun mendengarkan.

Jalan menuju pantai Yalong Bay terlihat padat orang lalu lalang. Ketika melihat pantai, mereka begitu antusias untuk menjejakkan kaki di kelembutan pasir putih dan merasakan sentuhan air laut ke kaki-kaki mereka.

Jetski yang terparkir di pinggir pantai pun menjadi sasaran foto selfie pengunjung. Secara bergantian mereka berfoto di jetski dengan gaya masing-masing.

Menurut Awen, pemandu wisata para travel agent dari Indonesia, pantai Yalong selalu dipenuhi wisatawan, apalagi pada hari libur.

"Bahkan pada akhir tahun wisatawan dari wilayah utara China yang dilanda musim dingin justru membanjir Sanya untuk merasakan kehangatan pulau tropis Hainan dan mereka berlibur dalam waktu lama," katanya.

Wajarlah kalau Yalong Bay dijuluki sebagai "Hawaiinya" China. Provinsi Hainan menggarap pantai Yalong tak ubahnya menyerupai suasana di Hawaii dan Bali untuk menarik wisatawan domestik yang suka pantai serta wisatawan mancanegara datang ke Sanya, kota di wilayah selatan China ini.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/23/092600127/inilah-yalong-bay-hawaiinya-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke