Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Butuh Dana Promosi untuk Pulihkan Citra Pariwisata

"Kita butuh anggaran untuk recovery wisatawan mau ke Bali. Dulu ada Bom Bali, langsung ada anggaran Rp 750 miliar untuk promosi. Sekarang gak ada. Kondisinya masih berlarut-larut," kata Agung saat dihubungi KompasTravel, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, masyarakat Bali sangat bergantung kepada industri pariwisata. Bila sektor pariwisata tak cepat pulih, kehidupan ekonomi masyarakat Bali akan terganggu.

"Untuk (pulihkan) pariwisata, ya promosi. Itu yang kita coba bagaimana menyakinkan wisman datang ke Bali. Gunung Agung itu dari Nusa Dua jauh (lokasinya). Itu yang coba yang kita gambarkan ke wisman," katanya.

Ia mengaku berada dalam situasi yang berat. Situasi itu tak lain adalah erupsi Gunung Agung.

Agung mengatakan dampak ekonomi yang dirasakan industri Bali yakni sekitar Rp 9 triliun. Hal itu senada dengan yang dinyatakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Semenjak penutupan dan pembukaan kembali Bandara Ngurah Rai, jumlah wisman yang masuk ke Bali berkisar 3.000 - 9.000 per hari. Jumlah tersebut turun dari jumlah wisman yang biasa masuk ke Bali per hari yaitu 15.000 orang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut sektor pariwisata Bali kehilangan devisa mencapai Rp 250 miliar per hari. Hal itu merupakan dampak dari penutupan Bandara Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Agung.

"Assesment kerugian? Per hari saja ya. Itu paling gampang per hari (hitungnya). Nanti tinggal (kali berapa hari). Per hari itu Bali wismannya (yang masuk) 15.000 orang. Kalau kita konversi ke devisa itu 250 miliar. Itu yang hilang (devisa) untuk Bali," kata Arief saat ditemui di sela-sela kunjungan kerja di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Aceh, Kamis (30/11/2017).

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/12/132100227/bali-butuh-dana-promosi-untuk-pulihkan-citra-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke