Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kuliner Paling Populer di Tahun 2017

Berikut ini makanan dan minuman paling populer di tahun 2017 yang dihimpun KompasTravel.

1. Kue Kekinian ala Artis

Di tahun 2017, mulai berjamur gerai oleh-oleh kekinian milik sederet artis. Gerai oleh-oleh tersebut ada di berbagai kota di Indonesia. Beberapa gerai oleh-oleh tersebut bernaung di bawah satu manajemen.

Kue kekinian rata-rata merupakan kue lapis pastry, bolu gulung, atau pie yang dilengkapi dengan topping krim, juga rasa yang beragam dari masing-masing gerai.

2. Ayam Geprek

Hidangan ayam geprek sempat menjadi tren di kalangan pecinta kuliner di Jakarta. Terbukti dari menjamurnya kedai ayam geprek di berbagai sudut ibu kota.

Menu makanan ini terdiri dari ayam goreng tepung, kemudian digeprek, dan dilumuri dengan sambal. Alhasil menghasilkan rasa pedas yang menggiurkan.

Beberapa kedai ayam geprek yang ada di Jakarta, antara lain Iam Geprek Bensu, Ayam Keprabon Express, Ayam Blenger PSP, dan Ayam Geprek Mas Eko. Ayam geprek dibanderol mulai dari harga Rp 11.000.

3. Cheesetart

Cheesetart asal Jepang pun menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat di Jakarta hingga tahun 2017. Cheesetart ini memiliki perbedaan dengan cheesecake, sebab adonan kejunya sengaja dibuat setengah matang sehingga lebih creamy.

Beberapa gerai menjual cheesetart dengan harga satu potongnya mulai dari Rp 15.000. Sementara, untuk Japanese Cotton Cheese Cake dari Uncle Tetsu dihargai Rp 80.000 per loyang.

4. Pisang Nugget

Pisang nugget merupakan pisang yang dibalut dengan telur, tepung terigu dan tepung panir/tepung roti. Pisang goreng biasanya hanya menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan telur.

Kepopuleranya kian melonjak, hingga anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep pun membuka bisnis ini.

5. Minuman Mangga

Olahan mangga yang dibuat menjadi dessert menjadi favorit di masyarakat. Minuman mangga pun menjadi hits di tahun 2017.

Kemunculan minuman mangga ini dipelopori King Mango Thai yang mengolah jus mangga dengan wipe cream, susu, dan potongan buah segarnya.

6. Kopi Susu Kekinian

Tren minuman lainnya adalah kopi susu. Mungkin dalam benak Anda kopi susu adalah minuman yang sederhana.

Tren es kopi susu disinyalir dimulai dari sebuah toko mungil di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Tuku, begitu nama toko tersebut, ketika sudah booming bahkan sempat disambangi Presiden Joko Widodo.

KompasTravel pun mencicip beberapa kopi susu kekinian di antaranya, es kopi susu tetangga, kopi cuan tulen, es kopi susu animo, kopi susu oppa, es kopi susu kampung, dan es kopi susu.

7. Thai Tea

Minuman teh asal Thailand belakangan tengah digemari, terutama oleh kaum milenial di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari gerai-gerai kecil yang ada di pusat perbelanjaan.

Salah satu minuman terkenal asal Thailand berlabel Kamu Tea banyak diposting pecinta kuliner. Kamu Tea menyuguhkan aneka minuman antara lain Milk Tea, Thai Tea, Matcha, Fruit Tea atau Fresh Tea, Coffee, Cocoa & Milk, juga Cheese Tea.

Matcha Cheese Tea yang disebut-sebut paling banyak dipesan pembeli. Minuman matcha ini dilapisi dengan cream cheese, kemudian di atasnya ditaburi bubuk matcha. Di atas tutup minuman juga diberikan potongan jeruk lemon.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/23/113200527/7-kuliner-paling-populer-di-tahun-2017

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke