Salin Artikel

5 Empal Gentong Khas Cirebon yang Harus Anda Coba

Tempat makan empal gentong ini kerap dipadati wisatawan tiap akhir pekan, ataupun musim liburan. Beberapa diantaranya bahkan telah ada puluhan tahun lalu, dan kian berkembang.

Empal gentong sendiri adalah olahan daging sapi menyerupai gulai. Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Meski kini tidak semua rumah makan empal gentong masih menggunakannya.

Berikut rekomendasi KompasTravel, dari beberapa perjalanan ke Kota Cirebon.

1. Empal Gentong H. Apud

Salah satu rumah makan empal gentong yang paling terkenal, di Cirebon. Tekstur dagingnya yang empuk telah eksis sejak tahun 1994.

Kini Empal Gentong H. Apud memiliki tiga cabang yang tersebar di sekitar Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi. Satu porsi empal gentong di sini seharga Rp 23.000.

2. Empal Gentong Amarta

Warung makan empal gentong Amarta merupakan salah satu rumah makan empal gentong yang juga terkenal di kalangan wisatawan luar Cirebon. Warung makan ini telah ada sejak tahun 1997 lalu. Pasangan suami istri bernama Solihin dan Emi yang pertama kali merintisnya.

Lokasinya yang strategis membuatnya kerap dilalui bus wisatwan. Empal Gentong Amarta di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37 Battembut, Kabupaten Cirebon.

3. Empal Gentong Krucuk

Rumah makan empal yang ada di Jalan Krucuk, Kota Cirebon, ini juga tidak kalah ramai. Letaknya yang cukup strategis di Jalan Slamet Riyadi No.5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, menjadi alasan pengunjung singgah di sini.

Daging dan jeroannya pun diolah sedemikian rupa hingga empuk dan meresap bumbunya. Penyajiannya pun tak berbeda dengan yang lain, kuah kuningnya ditaburi daun kucai dan bawang merah goreng.

Untuk mengakali ramainya pembeli, rumah makan Empal Gentong Krucuk membangun warung tenda di dekat bangunan rumah makan utamanya. Sehingga Anda bisa milih, mau suasana tenda atau rumah makan permanen. Satu porsi empal gentong di sini seharga Rp 20.000, termasuk nasi.

Empal Gentong Bu Darma lebih memilih untuk tidak membuka cabang, diluar rumah makan pertamanya. Uniknya, beberapa tahun terakhir ini malah banyak bermunculan rumah makan empal gentong lain, dengan nama yang sama. Namun itu bukan aslinya.

Begitulah yang terjadi pada rumah makan empal gentong yang telah ada sejak 1980 tersebut. Dikarenakan saking ramainya penikmat empal gentong yang datang.

Kini rumah makan empal ini dipegang Ibu Tiah, generasi penerus ke dua dari Bu Darma. Empal gentong Bu Darma yang asli, terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1 Cirebon. Satu porsi empal gentong di sini seharga Rp 22.000.

5. Empal Gentong Hj. Dian

Satu lagi empal gentong yang wajib Anda coba ialah Hj. Dian. Berada di deretan rumah makan empal gentong Jalan Raya Ir. H. Juanda No.84 Tengah Tani, Cirebon, rumah makan ini jadi salah satu yang paling penuh.

Pemiliknya memang memiliki rumah potong hewan pribadi. Jadi sisa daging kerbau dan sapi serta jeroan dari rumah pemotongan pun diolah menjadi empal gentong dan empal asem. Satu porsi empal gentong di sini seharga Rp 25.000.

Sepintas memang tidak jauh berbeda penyajian empal gentongnya. Namun, jika dicermati rasa rempah dari kuah empalnya, memiliki ciri khas tersendiri.

Hal tersebut didapat dari cara masak yang berbeda-beda, sesuai andalannya. Jadi, mau pilih yang mana saat ke Cirebon?

https://travel.kompas.com/read/2017/12/23/150200927/5-empal-gentong-khas-cirebon-yang-harus-anda-coba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.