Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu ke Jepang Lihat Sakura, di Cibodas Juga Ada

Selain menikmati sejuknya kawasan Puncak, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati indahnya warna merah muda di pucuk-pucuk pohon sakura (Prunus cerocoides).

Anda bisa berkunjung ke Kebun Raya Cibodas (KRC) di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

"Sudah pak, beberapa (bunga sakura) sudah mekar 50 persen karena cuaca sedang hangat," ujar Muhammad Imam, Peneliti LIPI, bagian Taman Sakura KRC, saat dihubungi KompasTravel, Rabu (10/1/2018).

Ia mengatakan wisatawan sudah mulai berdatangan di pertengahan pekan ini. Ia berharap cuaca akan tetap hangat agar bunga bisa bertahan lebih dari sepekan.

"Tergantung kondisi cuaca. Jika hangat seperti ini dan tidak ada hujan plus angin. Kondisi (bunga) aman sampai weekend," terangnya.

Dari keseluruhan Taman Sakura yang berjumlah 375 batang pohon, masih ada sekitar 50 persennya yang menunggu untuk mekar. Sakura ini diprediksi masih bisa bermekaran beberapa hari ke depan, bahkan lewat dari satu pekan.

Bunga khas Jepang ini memang sudah lama dibudidayakan di salah satu kawasan KRC. Sakura  pertama kali ditanam pada zaman kolonial pada 1938.

Baru pada tahun 2006 didirikan Taman Sakura di KRC dengan luas sampai saat ini sekitar 3.200 meter persegi.

Anda bisa mengunjungi kebun raya ini dari Senin-Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk ke sini Rp 9.500 per orang untuk dewasa dan anak-anak.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/01/11/152800627/tak-perlu-ke-jepang-lihat-sakura-di-cibodas-juga-ada-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke