Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Kereta Lumpuh, Ini Angkutan Alternatif Menuju Sukabumi

Kejadian ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api sehingga sejumlah perjalanan dibatalkan dan relasi perjalanan dipotong. Jalur kereta api menuju Sukabumi dari Bogor harus berhenti beroperasi sementara mulai Senin (5/2/2018). 

Setiap hari, jalur Bogor-Sukabumi dilalui 10 perjalanan kereta api, yaitu 6 kereta api penumpang dan 4 kereta angkutan barang. Pembatalan dan pemotongan relasi ini dilakukan sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui.

Alhasil wisatawan yang bepergian ke Sukabumi menggunakan kereta, harus bersabar hingga evakuasi dan perbaikan selesai. Namun, Anda tetap bisa bepergian ke Sukabumi dengan alternatif lain.

Berikut KompasTravel rangkum berbagai alternatif menuju Sukabumi, dari Jakarta, Bogor, juga Bandung.

1. Mobil L300/Colt Diesel

Angkutan Colt ini terkenal dengan kecepatannya, meskipun menggunakan jalur yang sama dengan kendaraan umum lainnya, tetapi waktu tempuhnya bisa lebih singkat 30 hingga 60 menit. Ya, karena saking cepatnya, dan tahu jalan-jalan alternatif.

Semetara di Sukabumi bisa ditemui di Lapangan Merdeka, depan Bank BRI Pusat, depan Pizza Hut, dan di Perempatan Degung. Jam keberangkatannya tidak pasti, Anda harus menunggu satu mobil berisikan 15-17 orang itu penuh dahulu, sekitar 30 menit sekali.

2. Kendaraan Pribadi

Baik itu dari Bogor, Jakarta, ataupun Bandung, Anda tetap harus menuju Bogor terlebih dahulu. Setelah masuk Kota Bogor, arahkan Kendaraan Anda menuju Jalan Pajajaran, lalu ke perempatan besar Ciawi. Dari sana tinggal ambil arah Sukabumi melewati Lido.

Jalan yang ditempuh cukup besar, dengan lebar sekitar 30 meter. Namun jangan kaget jika yang melewatinya juga truk dan kontainer besar karena jalur terbaik menuju Sukabumi ini melewati banyak sekali pabrik-pabrik besar.

Truk dan kontainer besar tadi beroperasi mulai sore ke malam. Sedangkan pagi ke siang hari dipenuhi kendaraan kecil, dan banyak titik-titik macet di pintu pabrik.

Ke Sukabumi melewati jalur ini bisa ditempuh 3-4 jam tergantung kondisi kepadatan lalu lintas.

3. Travel

Dari Jakarta, Bogor, dan Bandung ada beberapa perusahaan travel yang membuka rute ke Sukabumi. Namun perjalanannya hanya satu kali sehari, jadi sebaiknya Anda memesan beberapa hari sebelum keberangkatan.

4. Bus

Ada beberapa armada bus yang bisa dimanfaatkan, seperti bus Parung Indah dari Jakarta, MGI dari Bogor dan Bandung, Sangkuriang dan Bela Utama juga dari Bandung.

Jika dari Jakarta, Anda bisa naik di Terminal Lebak Bulus, atau dari sisi jalan yang dilewatinya ke arah tol Jagorawi. Jika dari Bandung, semua bus tujuan Sukabumi berawal dari Terminal Lewi Panjang. Sedangkan dari Bogor, Anda bisa mencarinya di Terminal Baranangsiang, dan Terminal bus Ciawi.

Dalam sehari, dari Bandung dan Bogor ada lebih dari tiga keberangkatan bus tujuan Sukabumi. Jadi bagi yang pertama kali, Anda bisa bersiap dari pagi ke siang hari.

Tarif yang dikenakan bervariasi, mulai Rp 30.000-Rp 50.000, untuk kelas ekonomi dan ekonomi AC. Namun memang waktu tempuh akan sedikit lebih lama, sekitar 4-7 jam, tergantung banyaknya tempat pemberhentian bus.

Menggunakan armada bus tentu sangat bergantung pada kelas dan perusahaan penyedia jasa bus yang kita pilih. Ada yang ekonomi dengan banyak sekali titik pemberhentian. Namun ada juga yang cepat, lagi nyaman.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/07/142500427/jalur-kereta-lumpuh-ini-angkutan-alternatif-menuju-sukabumi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke