Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Keselamatan, Selalu Perhatikan Ini sebelum Pesawat Lepas Landas

"Untuk penumpang, saran saya selalu memperhatikan instruksi dan peragaan keselamatan dari awak kabin," kata pengamat penerbangan Alvin Lie saat dihubungi KompasTravel, Jumat (20/4/2018).

Maskapai memiliki kewajiban untuk memberi penjelasan penanganan kondisi darurat kepada setiap penumpang. Penjelasan ini harus dilakukan sebelum pesawat lepas landas.

Umumnya diperagakan oleh pramugari langsung atau sekarang lewat tayangan layar di setiap kursi. Bisanya yang diberi tahu adalah letak pintu darurat, letak pelampung, cara mengenakan pelampung, dan masker oksigen.

"Selalu menghitung lokasi diri. Berapa kursi yang diduduki dari pintu atau jendela darurat," jelas Alvin.

Sebenarnya pramugari telah memberi tahu lokasi pintu atau jendela darurat saat instruksi keselamatan. Namun itu secara keseluruhan bagi puluhan penumpang. Baiknya, menghitung sendiri dari jarak antar kursi seperti saran Alvin.

"Selalu menggunakan sabuk pengaman apabila tidak sedang harus meninggalkan tempat duduk, seperti ke toilet," kata Alvin.

Berkaca dari insiden kecelakaan maskapai asal Amerika Serikat Southwest Airlines, Selasa (17/4/2018) banyak penumpang yang salah menggunakan masker oksigen. Makser hanya digunakan di mulut, alih-alih dari hidung sampai mulut.

Foto selfie dan video penumpang tersebut kemudian dicurigai banyak orang karena penumpang tidak menyimak instruksi awak kabin sebelum pesawat lepas landas.

https://travel.kompas.com/read/2018/04/23/110900127/demi-keselamatan-selalu-perhatikan-ini-sebelum-pesawat-lepas-landas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke