Salin Artikel

Tips Menyimpan Kurma dari Pedagang Kurma di Pasar Tanah Abang

Namun, saat diluar musim itu, kurma terpaksa disimpan lama karena pembeli tidak sebanyak saat musim haji dan bulan Ramadhan.

Para pedagang kurma punya trik tersendiri untuk menyimpan kurma agar awet dan tahan lama.

Sebelumnya perlu diketahui maksimal kedaluwarsa kurma yang berkualitas kisaran satu setengah tahun saja. Ada juga kurma yang hanya bisa disimpan enam bulan hingga satu tahun.

Rofiuddin, salah satu penjual kurma di dalam Pasar Tanah Abang Blok C memilih menyimpan kurma di kulkas untuk jangka waktu tiga bulan paling lama. Ia tidak mau menyimpan lebih lama dari tiga bulan.

“Biasanya sebelum tiga bulan sudah re-stock lagi sih, jadi gak mau lama-lama,” tuturnya kepada KompasTravel, Rabu (23/5/2018).

Jika kurma kedaluwarsa dan disatukan dengan yang masih lama, dikhawatirkan saat kurma satu mulai membusuk, kutunya akan menular ke jenis kurma yang lebih lama kedaluwarsanya.

“Kurma itu kalau sudah kedaluwarsa, buruknya tidak bau. Cuma ada binatang kayak kutu. Itu khawatirnya bisa nular ke kurma lain,” kata Rofiuddin.

Sedangkan penyimpanan kurma di lemari pendingin baik di freezer atau bukan bisa menjaga kualitas. "Namun jika di frezeer bisa membuat tekstur kurma menjadi keras saat dikeluarkan," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2018/05/24/191200827/tips-menyimpan-kurma-dari-pedagang-kurma-di-pasar-tanah-abang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.